TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi Groundbreaking Proyek Pertamina-Bakrie Group di IKN

Untuk riset dan fasilitas pendidikan energi berkelanjutan

Presiden Joko “Jokowi” Widodo meresmikan peletakan batu pertama pembangunan Nusantara Sustainability Hub di IKN Nusantara. (YouTube/Sekretariat Presiden)

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi meresmikan Nusantara Sustainability Hub di IKN Nusantara.
  • Kolaborasi Pertamina dan Bakrie Group untuk pengembangan infrastruktur dan penelitian keberlanjutan.

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo meresmikan peletakan batu pertama pembangunan (groundbreaking) Nusantara Sustainability Hub di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Proyek buah kolaborasi antara PT Pertamina (Persero) dan Bakrie Group itu menjadi tempat penelitian oleh International Institute of Sustainability Indonesia (IISI) untuk pengembangan pusat riset dan fasilitas pendidikan energi berkelanjutan.

Jokowi menegaskan dukungan terhadap kemitraan dengan lembaga internasional yang fokus pada berkelanjutan, sesuai dengan penandatanganan Joint Statement of Collaboration di Stanford University pada November 2023.

“Saya sangat mengapresiasi dan menghargai, dibangunnya Nusantara Sustainability Hub oleh kerja sama Pertamina, Bakrie dan perusahaan lainnya. Yang akan menarik nantinya, perusahaan yang lain, universitas yang lain, bisa bekerja sama di sini sehingga menjadi sebuah showcase riset negara kita dan pengembangan ekonomi hijau di negara kita,” tutur Jokowi dalam acara groundbreaking, Rabu (5/6/2024).

Baca Juga: Jokowi Groundbreaking 4 Proyek di IKN Hari Ini, Berikut Daftarnya

1. Rincian proyek yang dibangun Pertamina dan Bakrie Group

Dirut Pertamina Nicke Widyawati dalam peletakan batu pertama pembangunan Nusantara Sustainability Hub di IKN Nusantara. (YouTube/Sekretariat Presiden)

Kolaborasi antara Pertamina dan Bakrie Group mencakup pengembangan infrastruktur shared-hub di Edutown IKN dan penelitian keberlanjutan seperti penelitian mineral kritis berbasis kecerdasan buatan untuk mendukung eksplorasi sumber daya yang berkelanjutan.

Kerja sama tersebut menunjukkan komitmen terhadap pembangunan dan pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan. Pertamina juga melibatkan anak perusahaannya, PT Patra Jasa, dalam pengembangan Nusantara Sustainability Hub.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan, Pertamina akan membangun hub tersebut secara bertahap melalui Patra Jasa untuk mengembangkan aspek keberlanjutan di IKN dan pusat riset bertaraf internasional di bidang keberlanjutan dan teknologi rendah karbon.

“Kami berharap, Nusantara Sustainability Hub ini bisa menjadi wadah untuk berbagai inisiasi, brainstorming, serta pengembangan berkelanjutan yang melibatkan berbagai pihak. Pada akhirnya Pertamina berupaya mewujudkan energi ramah lingkungan yang akan dimanfaatkan secara optimal di IKN,” ujar Nicke.

Baca Juga: Jokowi Groundbreaking Astra Biz Center di IKN

2. Bakrie Group dan Pertamina bangun ekosistem yang dukung inovasi

CEO Bakrie & Brothers Anindya Bakrie dalam peletakan batu pertama pembangunan Nusantara Sustainability Hub di IKN Nusantara. (YouTube/Sekretariat Presiden)

CEO Bakrie & Brothers Anindya Bakrie mengungkapkan, melalui kemitraan dengan Stanford Doerr School of Sustainability, International Institute of Sustainability Indonesia (IISI) akan menjadi sekolah keberlanjutan pertama di Indonesia.

Hal itu akan membantu mempromosikan Nusantara IKN sebagai pusat inovasi hijau di Asia Tenggara. IISI dan Nusantara Sustainability Hub diharapkan akan berperan dalam transformasi Indonesia tidak hanya secara fisik tetapi juga dalam pola pikir menuju peradaban baru yang makmur, adil, dan berkelanjutan.

Dengan mengintegrasikan pusat R&D ke dalam ekosistem inovasi dan keberlanjutan, IISI akan mempercepat pengembangan penelitian mineral kritis dan teknologi eksplorasi berbasis Artificial Intelligence melalui kolaborasi dengan Stanford Mineral-X, serta memanfaatkan potensi energi terbarukan dengan prinsip keberlanjutan sebagai prioritas utama.

“Dengan menjajaki kemitraan Indonesia dengan Stanford Doerr School of Sustainability, kita tidak hanya akan membangun institut, tetapi kita juga membangun ekosistem yang mendukung inovasi, dengan memanfaatkan kekuatan kemitraan publik-swasta yang kuat melalui kerja sama antara Bakrie Group dan kelompok usaha lainnya, dengan Pertamina dan Otorita Ibu Kota Nusantara untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” tutur Anindya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya