TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bersiap! Pertamina Ancang-ancang Hapus Pertalite Mulai 2024

Diganti Pertamax Green 92

Ilustrasi BBM Pertalite. (Dok. Pertamina)

Jakarta, IDN Times - PT Pertamina (Persero) mengungkapkan rencana untuk berhenti menjual BBM dengan RON 90 alias Pertalite. Rencananya, BBM bersubsidi tersebut akan dihapuskan mulai 2024.

Direktur Utama (Dirut) Pertamina Nicke Widyawati menerangkan, pihaknya sudah mengeluarkan Program Langit Biru, di mana pada tahap satu sudah menghapus keberadaan BBM RON 88 alias Premium.

"Nah, ini kita lanjutkan sesuai dengan rencana adalah program Langit Biru tahap dua, di mana BBM subsidi kita naikan dari RON 90 ke RON 92 (Pertamax)," kata Nicke dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (30/8/2023).

Hal itu, dikatakan Nicke, sejalan dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), di mana BBM yang diperbolehkan beredar nantinya minimal RON 91.

Baca Juga: Harga Pertalite Bakal Turun Jadi di Bawah Rp10 Ribu? Ini Kata ESDM

Baca Juga: Cara Dapat Promo Pembelian Pertamax Green 95

1. Hanya ada tiga jenis BBM mulai 2024

Soft launching Pertamax Green 95 di SPBU Pertamina 31.128.02 MT Haryono, Jakarta Selatan. (IDN Times/Trio Hamdani)

Nicke menyebut hanya akan ada tiga jenis BBM gasoline mulai 2024. Pertama adalah Pertamax Green 92 yang akan diluncurkan mulai tahun depan. Kedua adalah Pertamax Green 95 yang sudah diperkenalkan di sejumlah SPBU Jakarta dan Surabaya.

"Oleh karena itu 2024, mohon dukungannya juga, kami akan mengeluarkan lagi yang kita sebut Pertamax Green 92, sebetulnya ini Pertalite kita campur dengan etanol, naik oktannya dari 90 ke 92," tuturnya.

Kemudian, yang ketiga adalah Pertamax Turbo. Keberadaan bahan bakar minyak ini tetap dipertahankan karena sudah memenuhi ketentuan dengan RON 98.

2. Pertamax Green 95 sudah diperkenalkan sejak Juli

Soft launching Pertamax Green 95 di SPBU Pertamina 31.128.02 MT Haryono, Jakarta Selatan. (IDN Times/Trio Hamdani)

Pertamina sudah meluncurkan Pertamax Green 95 pada sejumlah SPBU Pertamina di Jakarta dan Surabaya per 24 Juli 2023.

"Untuk saat ini kita memang menyiapkan di 5 SPBU di Jakarta dan juga 10 di Surabaya," kata Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan dalam konferensi pers di SPBU Pertamina 31.128.02 MT Haryono, Jakarta Selatan, Senin (24/7/2023).

SPBU Pertamina di Surabaya yang menjual Pertamax Green 95 adalah SPBU Jemursari, Soetomo, Mulyosari, Merr, Ketintang, Karang Asem, Mastrip, Citra Raya Boulevard, Juanda, dan Buduran.

"Mengenai 5 SPBU di Jakarta ya, jadi SPBU MT Haryono, kemudian di SPBU Fatmawati 1 dan (Fatmawati) 2, kemudian SPBU Lenteng Agung, dan satu lagi di SPBU Sultan Iskandar Muda (Kebayoran)," tutur Direktur Perencanaan & Pengembangan Pertamina Patra Niaga, Harsono Budi.

Baca Juga: Pertamax Green 95 Meluncur Bulan Ini, Harga Rp13 Ribuan per Liter

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya