TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bandara IKN Dijajal Pakai Pelita Air Sebelum Digunakan Jokowi

Pakai pesawat tipe RJ-85

Progres terkini pembangunan Bandara IKN (dok. BKIP Kemenhub)

Jakarta, IDN Times - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono menyatakan uji coba pendaratan di Bandara IKN telah dilakukan menggunakan pesawat Cessna.

Saat ini, pihaknya sedang mengupayakan pendaratan dengan pesawat RJ-85 milik Pelita Air sebagai bagian dari rangkaian uji coba.

"Nah, sekarang sedang diupayakan untuk dicoba dengan RJ-85 ya yang dipunyai oleh Pelita Air. Nah ini sedang diupayakan," kata dia kepada jurnalis di Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, Kamis (12/9/2024).

1. Uji coba tidak boleh pakai pesawat kepresidenan

Presiden Joko Widodo berjalan memasuki pesawat kepresidenan Indonesia-1 di Bandara Halim Perdanakusuma sebelum terbang menuju Sumatra Utara untuk melaksanakan kunjungan kerja, Sabtu (19/8/2023). (Dok. Sekretariat Presiden)

Basuki mengungkapkan alasan pesawat yang akan digunakan untuk uji coba pendaratan di Bandara IKN bukanlah pesawat kepresidenan. Sebaliknya, pesawat yang akan dicoba saat ini adalah RJ-85 yang dimiliki oleh Pelita Air.

Berkaitan dengan itu, dia menjelaskan penggunaan pesawat selain pesawat kepresidenan merupakan bagian dari protokol dalam pengujian tersebut sebelum bandara resmi digunakan oleh Presiden.

"Kita nggak boleh mencoba dengan pesawatnya presiden RJ-85 itu, yang punya katanya Pelita Air, itu yang akan dicoba sekarang," ujar Basuki.

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Pimpin Sidang Kabinet di IKN Besok

2. Jokowi akan beraktivitas dari Bandara IKN setelah diuji coba

Pengisian bahan bakar pesawat kepresidenan. (dok. Pertamina)

Basuki menjelaskan pilot yang melakukan pendaratan uji coba di Bandara IKN memberikan testimoni positif. Menurut laporan yang diterima, pilot tersebut merasa landasan pacu bandara berkualitas baik dan menggigit aspal dengan baik.

Dia menegaskan, saat ini sedang diupayakan agar pesawat RJ-85 dapat diuji coba sesegera mungkin. Setelah uji coba tersebut berhasil, Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan mulai menggunakan Bandara IKN untuk aktivitasnya.

"Saya bilang Pak Menhub upayakan hari ini bisa dengan RJ-85. Nah kalau ini nanti sudah, Presiden akan beraktivitas dari bandara ini," terangnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya