TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa yang Dimaksud dengan Tambang Ilegal? Ini Penjelasannya

Ada banyak dampak negatifnya

Kawasan tambang ilegal di kawasan Hutan Lindung Rimba Candi Pagar Alam (Dok: istimewa)

Jakarta, IDN Times - Tambang ilegal atau Pertambangan Tanpa Izin (PETI) merupakan masalah serius yang dihadapi oleh Indonesia. Aktivitas tersebut memberikan dampak buruk bagi negara.

Meskipun sudah ada regulasi yang ketat dan upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh pemerintah, praktik tambang ilegal masih saja terjadi di berbagai wilayah.

Lalu, apa yang dimaksud dengan tambang ilegal? Berikut penjelasannya dirangkum dari berbagai sumber resmi pemerintah!

Baca Juga: Pulihkan Keuangan, PT Timah Bakal Rebut Tambang Ilegal di Lahannya

1. Pengertian tambang ilegal

Anggota Sat Reskrim Polresta Magelang tangkap pelaku penambangan pasir ilegal di Lereng Gunung Merapi, Sabtu (25/2/2023). (Dok Polresta Magelang)

Tambang ilegal atau PETI adalah kegiatan penambangan yang dilakukan tanpa memiliki izin resmi dari pemerintah. Aktivitas tersebut melibatkan ekstraksi mineral atau batubara yang tidak mematuhi regulasi dan standar pertambangan yang baik dan benar.

Tambang ilegal seringkali dioperasikan oleh individu atau kelompok yang mencari keuntungan tanpa memperhatikan dampak negatif yang ditimbulkan.

2. Dampak negatif tambang ilegal

Aparat mengevakuasi korban pekerja tambang ilegal yang diserang KKB di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. (IDN Times/Istimewa)

Lingkungan: Tambang ilegal menyebabkan kerusakan lingkungan yang parah, seperti deforestasi, pencemaran air, dan erosi tanah. Aktivitas tersebut tidak memperhatikan aspek-aspek keberlanjutan dan keselamatan lingkungan.

Ekonomi: Negara mengalami kerugian finansial karena tidak ada pemasukan dari pajak atau royalti yang seharusnya dibayarkan oleh penambang resmi. Menurut Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), terdapat lebih dari 2.700 lokasi PETI di Indonesia yang mengakibatkan kerugian bagi negara.

Sosial: Tambang ilegal sering menimbulkan konflik sosial di masyarakat. Ketegangan antara penambang ilegal dan penduduk setempat bisa meningkat, terutama jika aktivitas tambang merusak lahan pertanian atau sumber daya alam yang menjadi mata pencaharian penduduk.

Baca Juga: Jokowi Ancam Pengusaha Tambang Sanksi jika Tak Bangun Fasilitas Bibit

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya