TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

560 Unit Hunian ASN di IKN Siap Ditempati

Dari target 2.820 unit hunian

Ilustrasi Tower ASN di IKN (Kementerian PUPR)

Intinya Sih...

  • Menteri PANRB menyampaikan 560 unit hunian bagi ASN di IKN Nusantara telah siap digunakan.
  • Ditargetkan tersedia 47 tower hunian dengan total sekitar 2.820 unit, nyaman dan satu keluarga satu unit.
  • Setiap unit terdiri dari tiga kamar, ruang tamu, dapur, cuci piring, dan smart home system, serta berlokasi strategis dekat pusat perkantoran.

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, menyampaikan sebanyak 560 unit hunian bagi ASN di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah siap digunakan.

Dia mengatakan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo berharap agar hunian tersebut terintegrasi dengan sistem digital serta memiliki kualitas yang baik untuk menunjang kebutuhan para aparatur sipil negara.

"Sekarang, ada 560 unit yang sudah siap, dan Presiden berharap ini sistemnya terintegrasi dengan sistem digital dan kualitasnya juga baik untuk ASN," kata Anas dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (14/9/2024).

1. Tersedia 2.820 unit hunian

Ilustrasi rusun ASN, TNI/Polri di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (dok. Kementerian PUPR)

Menurut informasi dari Kementerian PUPR, ditargetkan tersedia 47 tower hunian dengan total sekitar 2.820 unit. Pada tahap awal, 29 tower dengan sekitar 1.740 unit akan ditempati oleh ASN, sementara sisanya diperuntukkan bagi prajurit TNI dan anggota Polri.

Anas menyatakan hunian yang disediakan bagi ASN di ibu kota baru Indonesia itu sangat nyaman untuk ditempati. Setiap keluarga ASN, dijelaskannya, akan menempati satu unit hunian tanpa perlu berbagi dengan yang lain.

"Hunian bagi ASN tempatnya sangat nyaman, menurut saya. Sudah diputuskan Presiden, satu keluarga, satu unit tidak lagi sharing," ujarnya.

Baca Juga: Presiden RI Resmikan Wanagama Nusantara di IKN 

2. Ada beragam fasilitas di hunian untuk ASN di IKN

Ilustrasi rusun ASN, TNI/Polri di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (dok. Kementerian PUPR)

Anas menyampaikan hunian yang disediakan untuk ASN di IKN diharapkan dapat menunjang kinerja karena kenyamanannya. Setiap unit terdiri dari tiga kamar, satu kamar mandi, dan kamar utama yang dilengkapi toilet di dalamnya.

Fasilitas lainnya mencakup ruang tamu, makan, dapur, dan cuci piring, serta dilengkapi smart home system yang memungkinkan akses kamar melalui pemindaian barcode.

Selain itu, hunian ASN berlokasi strategis, dekat sumbu kebangsaan IKN, dapat dimanfaatkan untuk berolahraga atau berjalan kaki menuju pusat perkantoran.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya