TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kabar Baik! Beli Tiket MRT Kini Bisa Pakai Kartu Kredit Mastercard

Akhir 2024 akan mulai diuji coba

Ilustrasi kereta MRT. (ANTARA FOTO)

Jakarta, IDN Times - PT MRT Jakarta segera menerapkan metode pembayaran baru untuk pembelian tiket. Bila sebelumnya, pembelian tiket bisa menggunakan QR code, bagi kamu yang memiliki kartu kredit Mastercard juga dapat memanfaatkannya. 

Pengguna dapat langsung tap kartu Mastercard ini ketika masuk dan keluar stasiun. Rencananya, penggunaan kartu ini layaknya kartu multitrip MRT Jakarta atau kartu uang elektronik perbankan. 

Vice President Business Development Mastercard Indonesia, Farid Ahmad, mengatakan layanan tersebut sedang dalam tahap persiapan. 

"Kami menargetkan akhir tahun ini mulai uji coba. Saat ini masih persiapan," ujar Farid di Gedung Transport Hub, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. 

Farid menyebut Mastercard dan MRT Jakarta bakal melakukan evaluasi untuk memastikan layanan Mastercard tersebut tak bermasalah.

"Setelah itu, baru lah kartu kredit Mastercard bisa mulai digunakan secara masif di gerbang masuk dan keluar MRT," tutur dia. 

1. Penggunaan kartu kredit ditujukan untuk gaet turis asing di Jakarta

Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta, Farchad Mahfud. (IDN Times/Santi Dewi)

Sementara, Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta, Farchad Mahfud, mengatakan pembayaran menggunakan kartu kredit langsung di gerbang MRT Jakarta guna mempermudah pengguna transportasi. Lewat kebijakan ini, pihaknya ingin menggaet turis mancanegara. 

"Pengguna MRT tidak harus membeli tiket atau mengisi saldo uang hingga dompet elektronik. Berkaca dari penerapan di London, Inggris serta Singapura, layanan serupa juga bisa meningkatkan minat penggunaan transportasi umum di kota tersebut," kata Farchad di lokasi yang sama. 

Baca Juga: MRT Kenalkan Fitur MartiPay, Kartu Jelajah Ganda Bakal Tak Berlaku

2. Pengguna MRT juga bisa beli tiket dengan kartu kredit di loket

Ilustrasi stasiun MRT di bawah tanah. (IDN Times/Hana Adi Putra)

Lebih lanjut, kata Farchad, mengatakan sambil menunggu persiapan matang, pengguna Mastercard juga bisa memanfaatkan kartu Mastercard untuk membeli tiket di loket.

MRT Jakarta juga menerima pembayaran dari kartu kredit Mastercard untuk pembelian tiket di aplikasi MRT Jakarta. Kebijakan ini, kata Farchad, diharapkan juga bisa mempermudah mobilitas turis mancanegara di Indonesia.

"Mastercard kan sudah hadir di berbagai belahan dunia. Jadi, kalau ini dapat dilakukan, turis mancanegara pun bisa menggunakan MRT tanpa harus membeli kartu lagi," tutur Farchad. 

"Transportasi publik ini kan tidak kenal kewarganegaraan atau strata sosial. Idealnya semua dilayani," imbuhnya. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya