TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Persentase Pertumbuhan: Pengertian, Kelebihan dan Cara Menghitung

Lengkap disertai dengan contohnya!

ilustrasi persentase (Pexels/Lukas)

Menurut Fahmi, seorang ahli ekonomi menyebutkan bahwa persentase pertumbuhan adalah dimana rasio pertumbuhan merupakan rasio yang digunakan untuk menghitung seberapa besar kemampuan dari perusahaan dalam mempertahankan posisi di dalam kegiatan industri atau di dalam perkembangan ekonomi secara umum.

Yang dimaksud dengan rasio pertumbuhan dapat dilihat dari banyak macam segi seperti sales, earning after tax, lama per lembar saham, dan harga pasar per lembar hingga dividen per lembar saham. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pengertian hingga cara menghitung persentase pertumbuhan di bawah ini.

Baca Juga: Mudah dan Cepat, Begini Cara Menghitung Persentase di Excel

1. Pengertian persentase pertumbuhan

(Pixabay.com/photomix-company-1546875)

Arti dari persentase pertumbuhan sendiri adalah pertumbuhan yang mengacu pada sebuah persentase perubahan variabel-variabel yang ditentukan dalam jangka waktu tertentu. Fungsinya sendiri yaitu untuk melihat persentase dari performa kinerja perusahaan, pertumbuhan ekonomi negara, dan tingkatan pertumbuhan penduduk pada sebuah negara.

Singkatnya, persentase pertumbuhan adalah suatu hitungan yang berbentuk angka persentase dari periode yang berurutan. Persentase pertumbuhan dalam penerapannya pada tingkat paling dasar adalah tingkat pertumbuhan yang digunakan pada pernyataan perubahan tahunan didalam sebuah variabel berupa persentase. 

2. Kelebihan persentase pertumbuhan

ilustrasi pencatatan persentase di komputer (unsplash.com/Campaign Creators)

Pertumbuhan rasio memiliki beberapa fungsi yang didalamnya mengandung kelebihan dalam penerapannya. Berikut ini adalah kelebihan dari persentase pertumbuhan:

A. Menghitung kinerja perusahaan
Pertumbuhan persentase merupakan perhitungan yang berfungsi untuk menghitung kinerja pada sebuah perusahaan. Hal tersebut dapat menilai performa perusahaan, peran dari persentase pertumbuhan adalah membantu menghitung seluruh kenaikan aset mulai dari kenaikan harga saham sampai hutang perusahaan.

B. Dapat melihat historis dari kinerja perusahaan
Pertumbuhan persentase dapat juga berfungsi untuk mengetahui historis dari kinerja perusahaan dalam periode-periode yang ditentukan. Karena hal tersebut perusahaan dapat melakukan perbaikan dari setiap kesalahan yang dibuat pada masa lalu.

C. Membuat perbandingan kinerja antar perusahaan
Persentase pertumbuhan ini dapat menilai dan memberikan perbandingan antara perusahaan-perusahaan pada sebuah sektor untuk mencari mana yang terbaik.

Persentase pertumbuhan sangat mudah dihitung dan memberikan berupa data statistik yang penting dan bermanfaat.

Baca Juga: 4 Cara Menghitung Persentase di Excel, Ini Rumusnya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya