TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Siapa Pemilik Blok M Plaza? Ternyata Crazy Rich Berharta Rp18 T

Blok M Plaza jadi milik salah satu pengembang ternama RI

Plaza Blok M (plazablokm.com)

Intinya Sih...

  • Blok M Plaza diakuisisi oleh pengembang ternama RI, Pakuwon Group
  • Pakuwon Group adalah pengembang kenamaan dengan portofolio mal, apartemen, gedung perkantoran, hingga superblok di beberapa kota besar di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Blok M Plaza merupakan salah mal legendaris yang ada di Jakarta, bahkan di Indonesia. Berdiri sejak 30 Mei 1991, Blok M Plaza telah menjadi destinasi utama bagi masyarakat lokal dan turis untuk menikmati pengalaman belanja, kuliner, dan hiburan di Selatan Jakarta.

Blok M Plaza juga menjadi pusat perbelanjaan pertama yang berdiri di Jakarta Selatan. Di usianya yang menginjak 33 tahun, Blok M Plaza hadir dengan interior unik serta mengedepankan open space koridor spiral.

Selain itu, Blok M Plaza juga terhubung langsung dengan Stasiun MRT Blok M, dengan koneksi di lantai 1 sehingga penumpang MRT dapat langsung berkunjung ke mal tersebut. Hal itu juga menjadikan Blok M Plaza sebagai transportation hub yang berada di pusat bisnis Jakarta Selatan.

Lantas, siapa pemilik Blok M Plaza? Berikut informasinya seperti dikutip dari situs resminya, Selasa (24/9/2024).

1. Anggota Pakuwon Group

Plaza Blok M (pakuwon.com)

Dalam situs resminya, Blok M Plaza mencantumkan informasi sebagai anggota dari Pakuwon Group. Pakuwon Group merupakan pengembang atau developer kenamaan asal Indonesia yang telah memiliki banyak portofolio mulai dari mal, apartemen, gedung perkantoran, hingga superblok.

Pengembang yang berdiri sejak 1982 tersebut fokus menjalankan bisnis propertinya di beberapa kota, seperti Jakarta, Bekasi, Surabaya, Yogyakarta, dan Solo.

Mengutip pakuwon.com, Pakuwon Group adalah pelopor konsep superblok di Indonesia, sebuah pengembangan terpadu berskala besar yang terdiri dari pusat perbelanjaan ritel, kantor, kondominium, dan hotel.

Baca Juga: Mau Bangkrut, Siapa Pemilik Tupperware?

2. Portofolio mal Pakuwon Group

Gandaria City Mal (dok. Pakuwon Group)

Selain Blok M Plaza, Pakuwon Group tercatat memiliki dan mengelola sejumlah mal besar. Di Jakarta dan Bekasi, Pakuwon Group memiliki Kota Kasablanka, Gandaria City dan Pakuwon Mall Bekasi.

Di Surabaya, ada beberapa mal dan pusat perbelanjaan yang dimiliki dan dikelola oleh Pakuwon Group seperti Tunjungan Plaza Mall, Pakuwon Mall, Pakuwon Trade Center, Royal Plaza, Pakuwon City Mall, dan Pakuwon Town Square.

Kemudian di Yogyakarta ada Pakuwon Mall Jogja dan di Solo ada Pakuwon Mall Solo Baru.

3. Pemilik Pakuwon Group

Alexander Tedja, pengusaha properti terkaya pemilik Pakuwon Group (pakuwonjati.com)

Adapun sosok di balik berdirinya Pakuwon Group adalah seseorang pengusaha asal Medan, kelahiran 22 September 1945 bernama Alexander Tedja.

Alexander Tedja sendiri sudah memulai bisnisnya sejak 1972, dengan mendirikan perusahaan di bidang perfilman dan bioskop. Dia mendirikan PT ISAE FILM pada 1972 dan PT Menara Mitra Cinema Corp pada 1977.

Kemudian sejak 1982, Alexander Tedja mulai merambah ke bisnis bidang properti dan mal. Mulanya, dia membeli tanah di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya untuk memulai proyek pembangunan Plaza Tunjungan I yang mulai dibuka pada 1986.

Lalu, proyeknya terus berlanjut dengan pembangunan Plaza Tunjungan II dan III, Sheraton Surabaya Hotel & Tower, Menara Mandiri, Kondominium Regensi, dan Plaza Tunjungan IV yang dibuka pada 2002.

Pada 9 Oktober 1989, untuk pertama kalinya PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Lalu pada 1994, Alexander mulai mengembangkan kawasan hunian dan menjadi superblok pertama di Surabaya.

Pada 2007, Alexander mulai merambah ke Jakarta dengan mengakuisisi 83,3 persen saham PT Artisan Wahyu, pengembang superblok di Gandaria City, Jakarta. Pakuwon Group juga turut membangun Kota Kasablanka di Rasuna Said, Kuningan dan masuk dalam Central Business District, Jakarta.

Kemudian Pakuwon Group membangun properti multifungsi 4,2 hektare (ha) di koridor TB Simatupang. Selain itu, perusahaannya juga mendirikan Supermall Pakuwon Indah, Royal Plaza, Blok M Plaza di Jakarta, dan apartemen service Somerset Berlian.

Atas bisnisnya tersebut, crazy rich berusia 79 tahun ini sempat berada di peringkat 47 dalam daftar 50 Orang Terkaya di Indonesia versi Forbes pada 2022. Sementara berdasarkan data Real Time Billionaires Forbes, dia berada berada di peringkat 36, dengan kekayaan bersih diperkirakan 1,2 miliar dolar AS atau setara Rp18,22 triliun.

Baca Juga: Pemilik Thamrin Residence, Apartemen Tempat Harun Masiku Parkir Mobil

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya