TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sandiaga Pastikan Hosting Fee MotoGP Mandalika Aman, Balapan Jalan

MotoGP Mandalika berlangsung pada 27-29 September 2024

Menparekraf Sandiaga Uno saat hadir di acara 'Santri Digitalpreneur Indonesia' di Pondok Pesantren Assalafiyah Mlangi II, Sleman, DIY, Jumat (19/7/2024) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Intinya Sih...

  • MotoGP Mandalika tetap berlangsung pada 27-29 September 2024 sesuai rencana, tanpa kendala pembayaran hosting fee dan dukungan pembiayaan dari pemerintah pusat ke Pemda NTB.
  • Pembayaran hosting fee akan dilakukan sesuai mekanisme yang ada, dipastikan oleh Sandiaga Uno sebagai agenda unggulan pariwisata tiap tahun.
  • Pihak-pihak seperti ITDC, InJourney, Menpora, dan Pemda Lombok Tengah akan mendukung pembayaran hosting fee MotoGP Mandalika 2024.

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno memastikan gelaran MotoGP di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika tetap berlangsung sesuai rencana pada 27-29 September 2024.

Kepastian itu disampaikan sebagai respons atas kabar pembayaran hosting fee MotoGP Mandalika yang mengalami kendala dan tidak adanya dukungan pembiayaan dari pemerintah pusat ke Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat (Pemda NTB).

"Minggu lalu sudah mengundang Pak Troy (Chairman Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024) dan sudah tidak ada keraguan lagi. Jadi, saya garisbawahi MotoGP akan berlangsung pada 27-29 September. Jadi bagi para penggemar MotoGP sedunia, Indonesia, dan mancanegara silakan bergabung di Sirkuit Mandalika," tutur Sandiaga dikutip dari YouTube Kemenparekraf, Kamis (19/9/2024).

1. Hosting fee akan ditangani

Suasana saat event MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika berlangsung pada Sabtu (19/3/2022). (IDN Times/Uni Lubis)

Selain itu, Sandiaga juga memastikan pembayaran hosting fee bakal dilakukan sesuai mekanisme yang ada. Hal itu pasti akan dilakukan mengingat pemerintah telah menjadikan MotoGP sebagai agenda unggulan tiap tahun.

"Mengenai teknis hosting fee dan sebagainya jangan khawatir, itu akan ditangani sesuai mekanisme dan kami pastikan MotoGP menjadi agenda unggulan," kata Sandiaga.

Baca Juga: ITDC Ngaku Dapat Dukungan untuk Bayar Hosting Fee MotoGP Rp231 Miliar

2. Rencana pemerintah untuk MotoGP tahun depan

Penonton MotoGP Mandalika 2023 di tribun grandstand premium. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sandiaga menyebutkan, Presiden Terpilih Prabowo Subianto telah menyetujui MotoGP jadi satu dari banyak agenda pariwisata unggulan yang masuk ke dalam tourism fund Indonesia.

"Untuk tahun depan, karena sudah disetujui oleh bapak Presiden dan Presiden terpilih, kami akan memasukkan MotoGP ini di Indonesia Quality Tourism Fund di mana ada beberapa event unggulan pilihan pemerintah pusat yang nanti akan dikolaborasikan," ujar Sandiaga.

Sandiaga mengaku jika pemerintah pusat juga ingin agar pemda terlibat dalam pembiayaan agenda-agenda unggulan pariwisata di Indonesia.

"Supaya ada sense of ownership, sense of belonging-nya sehingga mereka bisa menganggarkan juga di APBD-nya untuk chip in," kata dia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya