TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Makan Bergizi Gratis Dikhawatirkan Tidak Tepat Sasaran

Anggaran untuk Makan Bergizi Gratis Rp71 triliun pada 2025

Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka saat simulasi makan gratis di SDN Klampis Ngasem 3 Surabaya. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Intinya Sih...

  • Program Makanan Bergizi Gratis (MBG) oleh pemerintahan Prabowo-Gibran menuai kritik dari CELIOS terkait dampak dan sasaran program tersebut.
  • Kekhawatiran keberlanjutan program MBG setelah 2025 muncul karena anggaran yang ditetapkan hanya Rp71 triliun, belum jelas sasarannya, dan potensi ketergantungan pada pendapatan pajak yang stagnan.
  • Menteri Keuangan Sri Mulyani enggan memberikan rincian penggunaan anggaran untuk program MBG, namun menegaskan tujuannya adalah menciptakan SDM Indonesia yang unggul.

Jakarta, IDN Times - Center of Economic and Law Studies (CELIOS) menyoroti program Makanan Bergizi Gratis (MBG) yang bakal dijalankan pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mulai tahun depan.

Direktur Kebijakan Publik CELIOS, Media Wahyudi Askar mempertanyakan bagaimana dampak atas kebijakan tersebut kepada masyarakat Indonesia. Askar pun khawatir jika nantinya program MBG tersebut jadi tidak tepat sasaran seperti program pemerintah lainnya.

"Kita belum tahu bagaimana simulasi dan skenario dampak kebijakan itu. Jangan sampai subsidi yang sudah tidak tepat sasaran bergeser ke makan bergizi gratis yang juga tidak tepat sasaran," ucap Askar dalam Biweekly Brief CELIOS, Senin (19/8/2024).

1. Belum ada banyak informasi tentang program MBG

Prabowo Subianto meninjau program makan siang gratis di salah satu sekolah di China (dok. Gerindra)

Adapun sampai saat ini, pihak Prabowo-Gibran masih belum memberikan lebih banyak informasi tentang program MBG itu sehingga kekhawatiran tidak tepat sasaran pun mengemuka.

"Kita belum tahu apakah itu diterima oleh semua anak atau hanya anak dari keluarga tidak mampu dan siapa pengelola program tersebut. Sampai hari ini juga belum clear. Kemungkinan nanti akan diatur dalam revisi RAPBN," ujar Askar.

Baca Juga: Program Makan Bergizi Gratis Prabowo Bakal Dimulai 2 Januari

2. Nasib keberlanjutan program MBG

Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka saat uji coba makan bergizi gratis di Kabupaten Bogor, Jawa Barat (dok. IDN Times/Istimewa)

Askar juga menyampaikan kekhawatiran terhadap keberlanjutan program MBG setelah 2025 nanti. Rasa khawatir itu muncul mengingat anggaran program MBG pada 2025 hanya ditetapkan sebesar Rp71 triliun di dalam RAPBN.

"Bagaimana keberlanjutan pembiayaan program tersebut pasca 2025 karena kalau bergantung dari ruang fiskal kita hari ini ya mampunya hanya segini sebetulnya Rp71 triliun dianggarkan ya. Kita bisa bayangkan kalau seandainya tidak terjadi peningkatan pendapatan dari pajak, diversifikasi pajak yang juga progresnya lemah," tutur Askar.

"Ya otomatis di tahun 2026 mungkin anggarannya juga dalam tanda kutip ya bisa dibilang belum ada gitu ya dan ini juga perlu ditanyakan kepada pengambil kebijakan," sambung dia.

Baca Juga: Menu Makan Bergizi Gratis Berbeda Tiap Daerah, Ini Bocorannya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya