TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Investor Merapat! Ini 5 Mitos dan Fakta tentang Investasi Reksa Dana

Banyak yang keliru tentang investasi reksa dana

Ilustrasi karyawan perusahaan (IDN Times/Aditya Pratama)

Intinya Sih...

  • Reksa dana tersedia untuk semua orang dengan investasi terjangkau mulai dari Rp100 ribu. Produk investasi reksa dana diatur dan diawasi ketat oleh OJK, serta dikelola manajer investasi yang profesional, sehingga lebih aman. Reksa dana direkomendasikan untuk pemula karena menawarkan diversifikasi, mudah diakses, dan likuid.

Jakarta, IDN Times - Reksa dana menjadi salah satu instrumen investasi populer, terutama bagi investor pemula yang ingin berinvestasi di pasar modal tanpa perlu mengelola investasi mereka secara langsung. Namun, terdapat beberapa mitos dan kesalahpahaman yang sering berkembang seputar reksa dana.

Oleh sebab itu, dengan mengetahui mitos dan fakta seputar reksa dana, bisa memberikan banyak keuntungan bagi kamu selaku investor. Dengan pemahaman yang benar, kamu dapat membuat keputusan lebih tepat, mengelola ekspektasi secara realistis, dan menghindari kerugian.

“Pengetahuan yang tepat juga meningkatkan kepercayaan diri, terutama bagi investor pemula, dalam membuat keputusan investasi. Selain itu, investor dapat mengoptimalkan portofolio mereka dengan memilih reksa dana yang sesuai dengan tujuan dan profil risiko, serta menghindari biaya yang tidak perlu,” ujar Fund Growth Specialist PT Indo Premier Sekuritas (IPOT), Muhammad Arie Fadhlillah, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/6/2024).

Arie menyebut dengan informasi yang benar, kamu sebagai investor dapat menyusun strategi investasi jangka panjang yang solid dan tahan terhadap berbagai kondisi pasar, serta mendukung pencapaian tujuan keuangan seperti dana pensiun, pendidikan anak, atau pembelian rumah.

Nah, berikut ini lima mitos dan fakta seputar reksa dana yang wajib kamu ketahui sebagai investor!

Baca Juga: Nilai Aktiva Bersih Reksa Dana: Pengertian, Cara Menghitung dan Contoh

1. Hanya untuk investor kaya

Ilustrasi investor. (IDN Times/Aditya Pratama)

Ada mitos dan anggapan keliru kalau reksa dana hanya dapat diakses orang-orang kaya atau mereka yang memiliki modal besar.

Faktanya, reksa dana tersedia untuk berbagai jenis investor dan terjangkau untuk semua orang. Misalnya, melalui IPOT Fund milik Indo Premier Sekuritas yang memungkinkan dengan Rp100 ribu saja kamu sudah bisa mulai investasi reksa dana.

2. Tidak aman

Logo OJK (Dok. Istimewa)

Mitos lain yang sering kali muncul terkait reksa dana adalah anggapan bahwa investasi ini tidak aman.

Faktanya, reksa dana adalah produk investasi yang diatur dan diawasi ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga memiliki kerangka kerja yang dirancang untuk melindungi investor.

Selain itu, reksa dana juga dikelola manajer investasi yang profesional dengan pengetahuan dan pengalaman mumpuni dalam mengelola portofolio investasi.

3. Tidak cocok untuk pemula

ilustrasi seorang investor (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Ada mitos kalau reksa dana dianggap terlalu rumit untuk investor pemula. Faktanya, reksa dana justru sering direkomendasikan untuk pemula, karena menawarkan diversifikasi dan dikelola profesional.

Selain itu, banyak informasi dan panduan yang tersedia untuk membantu kamu, jika merupakan investor pemula dalam memahami reksa dana.

Baca Juga: Mengintip Peluang Investasi Reksa Dana Syariah, Cuan yang Halal!

4. Tidak bisa ditarik kapan saja

ilustrasi investasi (freepik.com/freepik)

Ada juga anggapan uang yang diinvestasikan dalam reksa dana tidak bisa ditarik sebelum jangka waktu tertentu.

Faktanya, sebagian besar reksa dana bersifat likuid. Artinya, investor dapat menjual kembali unit mereka kapan saja.

Namun, kamu memang perlu memperhatikan ketentuan tertentu, seperti biaya penjualan kembali atau periode penguncian untuk jenis reksa dana tertentu.

Ada berbagai jenis reksa dana, termasuk reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana pasar uang, dan reksa dana campuran.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya