TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini 4 Bisnis Kaesang yang Sudah Gulung Tikar

Kaesang mulai aktif di politik setelah jadi Ketum PSI

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep. (www.instagram.com/@kaesangp)

Intinya Sih...

  • Putra bungsu Presidan Joko Widodo, Kaesang Panngarep kini aktif di politik setelah menjadi Ketua Umum PSI. Bisnis Kaesang seperti Sang Pisang, Ternakopi, dan Siap Mas! sudah tidak beroperasi lagi. Truz x Sang Javas, Ternakopi, dan Goola merupakan beberapa bisnis Kaesang yang gulung tikar.

Jakarta, IDN Times - Putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep, kini tengah aktif di dunia politik, setelah menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Namun, jauh sebelum terjun ke dunia politik, Kaesang selain dikenal sebagai anak presiden juga seorang pengusaha dengan berbagai macam bisnis.

Beberapa bisnis yang dibuat Kaesang seperti Sang Pisang, Yang Ayam, Mangkokku, Ternakopi, Gaaram, Madhang, dan Siap Mas! telah dikenal publik. Selain nama-nama yang disebutkan itu, ada banyak bisnis lain yang dibentuk Kaesang.

Namun seiring berjalannya waktu, ada beberapa usaha atau bisnis Kaesang yang terpaksa gulung tikar. Berikut ini sejumlah bisnis Kaesang yang sudah tidak beroperasi atau menjelang senjakala.

1. Truz x Sang Javas

Trus x Javas Store di Surakarta (google.com/Aryanto Premono)

Truz x Sang Javas sebenarnya dua jenis bisnis Kaesang yang dijadikan satu, lantaran memiliki kesamaan di bidang clothing atau pakaian. Dua bisnis itu didirikan Kaesang sejak 2017.

Berdasarkan penelusuran IDN Times, website Sang Javas di www.sangjavas.com saat ini tak lagi bisa diakses. Sementara, akun Instagramnya @sangjavas terakhir kali mengunggah konten ucapan HUT RI ke-75 pada 17 Agustus 2020.

Selain itu, Truz x Sang Javas Store yang berlokasi di Jalan Moh. Husni Thamrin Nomor 9A di Manahan, Banjarsari, Surakarta sudah tutup permanen berdasarkan keterangan di Google Maps.

2. Ternakopi

Empat bisnis Kaesang yang sudah gulung tikar. (IDN Times/Aditya Pratama)

Ternakopi merupakan bisnis Kaesang yang menjual produk kopi kekinian menggunakan biji kopi dari bermacam daerah di Indonesia. Bisnis ini dikembangkan Kaesang sejak pertengahan 2019.

Kaesang mengembangkan Ternakopi bersama sang kakak yang juga Wakil Presiden terpilih 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka.

Namun, Ternakopi tidak berusia lama karena kehilangan pelanggannya, terutama setelah pandemik COVID-19. Berdasarkan penelusuran IDN Times, gerai Ternakopi di sejumlah tempat seperti ITC Depok, Cipanas, Artha Gading, Gunung Sahari, Cipayung, dan Mall of Indonesia telah tutup permanen.

3. Siap Mas!

Produk NgeDrink dari Siap Mas (Twitter.com)

Bisnis Kaesang lain yang sudah tidak beroperasi adalah Siap Mas! Usaha ini menjual makanan dan minuman lewat jenama Kemripik dan Ngedrink.

Kedua produk itu awalnya dapat ditemui di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Namun, saat ini dua jenis produk itu sudah tidak dijual di kedua minimarket tersebut.

Selain itu, akun Instagram resminya, @siapmas, juga terakhir kali mengunggah konten pada 3 Oktober 2020.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya