TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Harga Jet yang Ditumpangi Kaesang-Erina Setara 40 Pesawat Susi Air

Pesawat Gulfstream sering disebut jet para sultan

Pesawat jet Gulfstream G550 (dc-aviation.com)

Intinya Sih...

  • Pesawat Gulfstream G650ER digunakan oleh Kaesang Pangarep dan istrinya untuk pergi ke AS, menarik perhatian publik.
  • Harga satu unit pesawat Gulfstream setara dengan 40 pesawat Susi Air, menunjukkan kemewahan pesawat tersebut.

Jakarta, IDN Times - Pemilik maskapai Susi Air, Susi Pudjiastuti turut angkat suara perihal pesawat Gulfstream yang belakangan ini jadi perbincangan publik di media sosial. Pesawat itu jadi trending topic lantaran mengangkut putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono untuk pergi ke Amerika Serikat (AS).

Kaesang-Erina diketahui menggunakan jet pribadi Gulfstream G650ER bernomor N588SE dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Philadelphia AS.

Dalam cuitan di akun X pribadinya, Susi mengungkapkan bahwa harga satu unit pesawat Gulfstream sama dengan puluhan pesawat Susi Air.

"Harga pswt gulfstream G 659 bisa beli 40 pesawatnya Susiair," tulis Susi dikutip Senin (26/8/2024).

Sementara dari laporan Forbes, harga jet Gulstream G650 mencapai 70 juta dolar AS atau setara Rp1,09 triliun per unit.

1. Biaya charter Gulfstream mencapai Rp8,67 miliar

potret Gulfstream G650 (gulfstreamnews.com)

Apa yang dituliskan Susi tersebut seolah menggambarkan bahwa Gulfstream adalah pesawat mewah yang digunakan kalangan elite.

Hal itu juga terbukti dari mahalnya biaya charter pesawat tersebut. Dilansir dari TrendAsia.org, pesawat Gulfstream G650ER memiliki harga sewa yang mahal. Diperkirakan, harga sewa pesawat tersebut mencapai 556,305 dolar AS, setara Rp8,67 miliar.

"Tanggal perjalanan pada 18-21 Agustus 2024 dengan jarak 16.276 km. Biaya charternya 556,305 dolar AS atau sekitar Rp8,67 miliar [kurs Rp15.600 per dolar AS]," tulis akun X @TrendAsia_Org.

Baca Juga: Menguak Jet Pribadi yang Diduga Dipakai Kaesang-Erina ke AS

2. Spesifikasi singkat dan pemilik pesawat

Pesawat Jet Gulfstream G650 (gulfstream.com/gulfstream)

Gulfstream G650 seringkali disebut sebagai 'jet pribadi sultan'. Dirancang Gulfstream Aerospace sejak 2005, pesawat ini acap disebut puncak kemewahan dalam dunia penerbangan bisnis karena harga sewanya yang mahal, tetapi cepat.

Dengan kemampuan terbang hingga kecepatan Mach 0.925, G650 memungkinkan para pemiliknya menjelajahi dunia dengan lebih mudah. Pesawat ini berisi dua kru pilot dengan total 11 sampai 18 penumpang.

Untuk pemiliknya, jika mengacu pada nomor N588SE, nomor ini terdaftar sebagai milik institusi penerima kuasa atau pengelola harta, yaitu Bank of Utah Trustee di AS. Institusi ini jadi pihak yang mengoperasikan Gulfstream G650 nomor N588SE.

Baca Juga: Barang Erina-Kaesang Diduga Tak Diperiksa, Ini Respons Bea Cukai 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya