TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gaji Pas-pasan Mau Tetap Investasi? Ini Tipsnya!

Karyawan bisa tetap investasi walau gajinya pas-pasan

(IDN Times/Aditya Pratama)

Jakarta, IDN Times - Sebagai karyawan apalagi dengan gaji pas-pasan, kamu tentunya ingin tetap bisa berinvestasi. Namun, seringkali keterbatasan uang yang kamu miliki membuatmu sulit berinvestasi.

Tapi tenang, kamu masih bisa investasi kok walaupun gaji atau penghasilanmu sebagai karyawan pas-pasan.

Berikut tips supaya bisa tetap investasi walaupun dengan gaji pas-pasan, yang dikutip dari finansialku.com.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menabung secara Konsisten, Dimulai yuk!

1. Memisahkan sebagian pendapatan

ilustrasi investasi dan keuangan (IDN Times/Sukma Shakti)

Gaji atau pendapatan kamu boleh minim, tetapi jangan sampai pengetahuan soal investasimu juga minim.

Kamu masih tetap bisa berinvestasi dengan cara memisahkan sebagian pendapatanmu. Mulailah dengan mengalokasikan pendapatan menggunakan presentase, misalnya 10 persen hingga 20 persen untuk investasi.

Jika kamu memiliki gaji Rp3,5 juta setiap bulan, maka kamu bisa mengalokasikan Rp350 ribu untuk berinvestasi. Bila kamu mempunyai gaji Rp5 juta per bulan, maka uang yang kamu alokasikan untuk investasi sebesar Rp500 ribu.

Kamu bisa menggunakan uang tersebut untuk membeli emas atau reksa dana. Dua hal tersebut cukup aman jadi instrumen investasi yang kamu ambil.

2. Menyusun perencanaan keuangan

Ilustrasi neraca perdagangan. (IDN Times/Mardya Shakti)

Membuat atau menyusun rincian anggaran adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk membuat kamu berhemat. Cara tersebut juga krusial bagi kamu yang memiliki gaji pas-pasan.

Caranya, kamu bisa memulai membuat kategori pengeluaran seperti cicilan tagihan dan biaya pemenuhan kebutuhan sehari-hari seperti biaya air dan listrik.

Setelah membagi anggaran pengeluaranmu, kamu dapat melihat anggaran tersebut kembali dan kemudian mengurangi hal-hal yang dapat dihemat.

Selain anggaran bulanan, kamu dapat menyusun rencana keuangan untuk masa depan. Misalnya untuk tujuan pendidikan anak, membeli rumah, menikah hingga untuk dana pensiun.

Dengan begitu, kamu dapat mengontrol pengeluaran agar selalu di bawah pendapatanmu. Selain itu, kamu juga bisa memiliki dana lebih untuk keperluan investasi.

3. Hidup sederhana

Calon penumpang antre menunggu bus TransJakarta di Halte Harmoni, Jakarta Pusat, Senin (16/3/2020). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Jika kamu memiliki pendapatan pas-pasan dan ingin bisa berinvestasi, maka jangan sekali-kali memperbesar gaya hidupmu.

Kamu tidak perlu gengsi jika tidak mengikuti tren kekininan. Jika kamu terus menuruti gengsimu, maka kamu bakal hidup boros dan terus tertekan.

Pola hidup sederhana yang bisa kamu terapkan antara lain menggunakan kendaraan umum, membawa bekal, dan mengurangi waktu nongkrong.

Baca Juga: Begini Tips Investasi Online agar Tetap Cuan 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya