TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Erick Thohir Tegaskan Tidak Ada Penghapusan Pertalite

Efisiensi Pertalite yang justru dibutuhkan

Menteri BUMN, Erick Thohir di Rumah BUMN, Tangerang Selatan. (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menegaskan tidak pernah ada pembicaraan terkait penghapusan Pertalite untuk digantikan ke Pertamax Green 92.

"Gak ada. Semua pembicaraanya dibentuk media katanya Pertalite akan dihapus. Tidak pernah ada statement itu," ucap Erick kepada awak media di Rumah BUMN, Tangerang Selatan, Kamis (7/9/2023).

Pertamina, sambung Erick, juga tidak melakukan pembicaraan kepadanya soal usulan atau rencana penghapusan Pertalite.

Baca Juga: Luhut Buka Suara soal Rencana Campur Pertalite dengan Etanol

1. Efisiensi penggunaan Pertalite

Ilustrasi SPBU Pertamina. (IDN Times/Shemi)

Alih-alih menghapuskan Pertalite, Erick menegaskan hal yang perlu dilakukan adalah efisiensi penyaluran bahan bakar minyak (BBM) dengan RON 90 tersebut.

"Tidak pernah ada statement Pertalite dihapuskan, tidak pernah ada loh, tetapi efisiensi penggunaan Pertalite harus terjadi. Jangan orang mampu beli bensin subsidi itu kan gak boleh," tutur dia.

2. Pertamina indikasikan berhenti jual Pertalite

Ilustrasi BBM Pertalite. (Dok. Pertamina)

Sebelumnya diberitakan, PT Pertamina (Persero) mengungkapkan rencana untuk berhenti menjual BBM dengan RON 90 alias Pertalite. Rencananya, BBM bersubsidi tersebut akan dihapuskan mulai 2024.

Direktur Utama (Dirut) Pertamina Nicke Widyawati menerangkan, pihaknya sudah mengeluarkan Program Langit Biru, di mana pada tahap satu sudah menghapus keberadaan BBM RON 88 alias Premium.

"Nah, ini kita lanjutkan sesuai dengan rencana adalah program Langit Biru tahap dua, di mana BBM subsidi kita naikan dari RON 90 ke RON 92 (Pertamax)," kata Nicke dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (30/8/2023).

Hal itu, dikatakan Nicke, sejalan dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), di mana BBM yang diperbolehkan beredar nantinya minimal RON 91.

Baca Juga: Pertalite Diusulkan Diganti Pertamax Green 92, Ini Kata Menteri ESDM

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya