TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Daftar Orang Terkaya Dunia September 2024, Hartanya Kuadriliunan!

Nomor 10 punya harta Rp1,85 kuadriliun

ilustrasi dolar AS (pexels.com/pixabay)

Intinya Sih...

  • Elon Musk masih menjadi orang terkaya di dunia per September 2024 dengan kekayaan mencapai Rp3,8 kuadriliun
  • Jeff Bezos tetap berada di posisi kedua dengan kekayaan senilai Rp3,02 kuadriliun yang didominasi oleh saham Amazon

Jakarta, IDN Times - Majalah Forbes melakukan pembaruan atas daftar orang terkaya dunia per September 2024. Ada sejumlah perubahan yang terjadi dibandingkan daftar yang dikeluarkan Forbes pada akhir Agustus lalu.

Meski begitu, takhta orang terkaya sejagad versi Forbes Real Time Billionnaires masih dipegang oleh miliarder sekaligus pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk

Berikut ini daftar 10 orang terkaya di dunia versi Forbes per 5 September 2024:

1. Elon Musk

Elon Musk (x.com/elonmusk)

Elon Musk masih ditasbihkan sebagai orang paling kaya di muka Bumi pada awal September ini. Elon selaku CEO perusahaan mobil listrik Tesla tercatat memiliki kekayaan sebesar 252,2 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp3,8 kuadriliun.

Selain dari Tesla, kekayaan Elon juga datang dari perusahaan roket swasta miliknya, yakni SpaceX serta platform media sosial X. Selain menjadi pimpinannya, Elon juga memiliki saham di kedua perusahaan tersebut.

Baca Juga: Daftar 30 Orang Terkaya di Amerika Serikat 2024 Terbaru

2. Jeff Bezos

Jeff Bezos (Instagram/Jeff Bezzos)

Tepat di bawah Elon Musk ada Jeff Bezos dengan jumlah kekayaan mencapai 196,3 miliar dolar AS atau setara Rp3,02 kuadriliun. Posisi Bezos tersebut masih tidak berubah dibandingkan kondisi akhir Agustus lalu.

Kekayaan Bezos masih didominasi dari kepemilikan sahamnya di perusahaan e-commerce yang dia dirikan, Amazon. Meski tidak lagi menjabat sebagai CEO-nya, Bezos masih memiliki saham di perusahaan tersebut.

Selain Amazon, Jeff Bezos juga memiliki The Washington Post, sebuah perusahaan media, dan Blue Origin, yang bergerak di bidang pengembangan roket dan teknologi luar angkasa.

Baca Juga: Jeff Bezos Geser Bernard Arnault Jadi Orang Terkaya ke-2 Dunia

3. Mark Zuckerberg

CEO Meta, Mark Zuckerberg. (twitter.com/Meta)

Orang terkaya nomor 3 dunia adalah Mark Zuckerberg. Dia berhasil menyingkirkan Bernard Arnault yang pada akhir Agustus lalu ada di posisi tersebut.

Pada bulan lalu, Mark ada di peringkat 4 di bawah Bernard Arnault. Kekayaan Mark saat ini kebanyakan datang dari perusahaan yang dia dirikan, yakni Facebook dan juga Meta, induk beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Threads.

Adapun total kekayaan Mark hingga 5 September 2024 sebesar 178,5 miliar dolar AS atau senilai Rp2,75 kuadriliun.

4. Larry Elison

Larry Ellison (Flickr.com/Oracle PR)

Selanjutnya, orang terkaya nomor 4 di dunia per 5 September 2024 adalah Larry Elison. Sama seperti Mark, Larry juga berhasil naik satu peringkat dari posisi terkakhirnya pada akhir Agustus lalu.

Larry merupakan pendiri perusahaan perangkat lunak Oracle sejak 1977. Perjalanan kariernya sebagai CEO Oracle berjalan selama 37 tahun hingga 2014.

Saat ini, Larry menjabat sebagai Ketua dan Chief Technology Officer (CTO) di perusahaan tersebut. Selain bisnis perangkat lunak, pengusaha asal Amerika Serikat ini juga aktif berinvestasi, termasuk memiliki saham besar di Tesla, perusahaan milik Elon Musk. Total kekayaan Larry saat ini mencapai 176,7 miliar dolar AS atau Rp2,72 kuadriliun.

5. Bernard Arnault dan Keluarga

Orang terkaya di Prancis, Bernard Arnault (Instagram LVMH)

Siapa yang tak kenal berbagai produk branded internasional seperti Dior atau Louis Vuitton (LV)? Jenama-jenama tersebut dikelola oleh Bernard Arnault dan keluarganya. Arnault mengelola berbagai merek tersebut di bawah naungan perusahaan Moet Hennessy Louis Vuitton (LVMH).

Saat ini, kekayaan Arnault diperkirakan mencapai 174,6 miliar dolar AS atau senilai Rp2,69 kuadriliun.

Sebagai informasi, LVMH mengelola sekitar 70 jenama fesyen dan kosmetik terkenal di dunia, termasuk di antaranya Louis Vuitton, Christian Dior, Moet & Chandon, dan Sephora.

Pada Januari 2021, LVMH juga membeli perusahaan perhiasan Tiffany & Co. dengan nilai 15,8 miliar dolar AS. Maka sudah tak heran jika keluarga berada ini masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia pada September 2024.

Baca Juga: Profil Bernard Arnault, Bos Louis Vuitton yang Kaya Sejagat Raya

6. Warren Buffet

The incredible life and career of Warren Buffett, the billionaire every investor looks to for inspiration/businessinsider.com

Warren Buffett yang sering dijuluki 'Oracle of Omaha' adalah salah satu investor paling sukses di dunia. Hal itu karena dia memimpin Berkshire Hathaway, sebuah perusahaan besar yang memiliki berbagai macam bisnis.

Beberapa di antaranya seperti perusahaan asuransi Geico, jaringan restoran Dairy Queen, dan produsen baterai Duracell. Saat ini, kekayaannya mencapai 147,3 miliar dolar AS atau senilai Rp2,67 kuadriliun.

7. Bill Gates

What's Next: The Future with Bill Gates (dok. Netflix/What's Next: The Future with Bill Gates)

Pendiri dan mantan CEO Microsoft, Bill Gates merupakan salah satu pengusaha sukses yang selama 25 tahun terakhir selalu berada di daftar orang terkaya di dunia. Pada awal September ini, Forbes menempatkan Gates pada posisi ketujuh orang terkaya di dunia.

Selain mendapatkan uang dari Microsoft, Gates juga memiliki banyak investasi di berbagai perusahaan lain. Dalam laporan terakhir, kekayaan Gates mencapai 136,5 miliar dolar AS atau Rp2,10 kuadriliun.

8. Larry Page

Duduk di peringkat 8 orang terkaya dunia adalah Larry Page. Page adalah salah satu pendiri Google pada 1998 bersama Sergey Brin, teman kuliahnya di Stanford. Mereka berdua menemukan algoritma PageRank yang menjadi dasar dari mesin pencari Google.

Page pernah menjadi CEO Google hingga 2001. Dia lalu beralih menjadi CEO Alphabet atau perusahaan induk Google hingga 2019. Sayangnya, dia mengundurkan diri sebagai CEO Alphabet, tetapi tetap terlibat sebagai anggota dewan dan pemegang saham utama.

Menurut laporan per 5 Spetember 2024, kekayaan Page mencapai 131,6 miliar dolar AS atau sebesar Rp2,02 kuadriliun.

9. Sergey Brin

Sergey Brin (Dok. Forbes SK)

Masih berhubungan dengan Larry Page, Sergey Brin merupakan salah satu sahabatnya yang turut mendirikan Google dan kini ada di peringkat 9 sebagai orang terkaya dunia. Pada Desember 2019, Brin mundur dari posisinya sebagai Presiden Alphabet.

Meski begitu, dia tetap memiliki saham utama dan menjadi anggota dewan direksi Alphabet. Kekayaan Brin per awal September ini mencapai 121,6 miliar dolar AS atau setara Rp1,87 kuadriliun.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya