TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cerita Zulhas Raup Rp1 Miliar dalam Sebulan di Usia 20 Tahun

Zulhas akui punya pengalaman jualan

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Jakarta, IDN Times - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan mengaku berhasil mendapatkan penghasilan hingga Rp1 miliar dalam sebulan ketika masih berusia 20 tahun. Penghasilan itu didapat pria yang karib disapa Zulhas tersebut lewat modal kecilnya saat pindah ke Jakarta.

Cerita itu disampaikan Zulhas di depan ratusan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam acara WhatsApp MSME Summit 2023 di Jakarta, Selasa (27/6/2023). Acara itu juga digelar bertepatan dengan Hari UMKM Internasional.

"Masuk ke Jakarta gak punya modal, punya modal kecil-kecilan, tau gak? Tahun 84, baru 2 tahun saya lulus SMA, penghasilan saya kalau uang sekarang sudah 1 miliar satu bulan, usia saya 20 tahun," tutur Zulhas.

Baca Juga: Zulkifli Hasan Ungkap Hasil Pertemuan 6 Ketum Parpol dengan Jokowi

Baca Juga: Kisah Inspiratif Nyoman Anjani, Lulusan MIT Bangun Bisnis Baby Care

1. Pengalaman berwirausaha

Ilustrasi Pengusaha/Wirausahawan (IDN Times/Aditya Pratama)

Zulhas mengakui, pencapaian itu bisa didapat dia setelah mendapatkan banyak pengalaman menjadi seorang wirausahawan sejak kecil.

Saat kecil, Zulhas diajari sang ibu untuk berjualan. Maka dari itu, masa kecil Zulhas pun dihiasi dengan aktivitas jualan mulai dari jagung rebus hingga es mambo.

"Saya jualan jagung rebus sama es mambo di kampung. Dengan modal bisa jualan jagung rebus dan es mambo itu, saya terlatih menjadi wirausaha, sekaligus jaga warung karena emak saya punya warung itu sehingga saya terbiasa jualan," kata dia.

Baca Juga: 5 Tokoh Dunia Nyata yang Menginspirasi Karakter One Piece, Siapa Saja?

2. Nasihat Zulhas kepada pelaku UMKM

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Ketua Umum PAN tersebut kemudian menyarankan kepada pelaku UMKM yang hadir untuk terus belajar dan tidak berhenti belajar.

Zulhas pun mencontohkan dirinya yang saat masih mudah hingga kini tidak berhenti belajar soal bisnis.

"Saya bekal dari mikro, bukan kecil lagi, tapi mikro. Bapak ibu kalau kita mau maju, kita mesti upgrade kemampuan, kita harus ada semangatnya, harus ada semangat juga untuk berubah, untuk belajar, apa yang saya lakukan? Saya belajar, buku-buku mengenai marketing saya belajar, kalau sekarang (belajarnya) ya digital ini," bebernya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya