TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Canggih, Sistem Keamanan LRT Palembang Pakai Teknologi IoT

TKDN jalin kerja sama dengan operator LRT Palembang

IDN Times/Reza Iqbal

Jakarta, IDN Times - PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk atau TKDN melakukan pengembangan teknologi pada sektor transportasi, yakni LRT Palembang.

Dalam praktiknya, perusahaan dengan kode emiten TRON itu memberikan dukungan untuk asistensi dan supervisi SPM berbasis digital serta menyediakan pusat komando dan tenaga kerja di Balai LRT Feeder Palembang.

"PT TKDN berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan teknologi dalam sektor transportasi demi meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan efisiensi operasional," kata Direktur Utama TKDN, David Santoso dalam pernyataan tertulis yang diterima IDN Times, Rabu (29/11/2023).

Baca Juga: Beras dan Transportasi Picu Inflasi Oktober 0,17 Persen

1. Penerapan perangkat IoT di LRT Palembang

IDN Times/Reza Iqbal

Selain itu, TKDN juga mendukung penggunaan perangkat internet of things (IoT) untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan efisiensi operasional armada feeder Palembang.

Dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi operasional dan keamanan armada transportasi, TKDN memperkenalkan teknologi canggih berupa IoT TAM Fleet (TKDN Advance Mobility Fleet) yang dapat diintegrasikan dengan platform dashboard.

"Prioritas kami bukan hanya menyediakan teknologi IoT dan perangkat berbasis kecerdasan buatan, tetapi juga memastikan bahwa berbagai perangkat ini dapat diintegrasikan dengan sistem platform dashboard yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan," kata David.

Baca Juga: PT KAI Tanggapi Statemen Ridwan Kamil LRT Palembang Proyek Gagal 

2. Peningkatan layanan dan efisiensi operasional

IDN Times/Reza Iqbal

Perangkat tersebut, kata David, bertujuan untuk meningkatkan layanan dan efisiensi operasional sesuai dengan kebutuhan industri transportasi di Indonesia.

Dukungan yang diberikan TKDN mencakup berbagai perangkat seperti MDVR, Driver Safety Monitoring (DSM), Advanced Driver Assistance System (ADAS), Global Positioning System (GPS), CCTV, dan Blind Spot Detection.

"Dengan dukungan ini, PT TKDN berharap dapat membantu meningkatkan layanan transportasi yang aman, nyaman, dan berkelanjutan di kota-kota di Indonesia," ujar David.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya