TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Arsjad Rasjid: Munaslub Kadin Indonesia Ilegal dan Langgar Aturan

Arsjad menyebut Kadin organisasi dunia usaha independen

Arsjad Rasjid (Tengah) saat menggelar konferensi pers di JS Luwansa terkait sengketa di KADIN, Minggu (15/9/2024) (IDN Times / Ridwan Aji Pitoko)

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid, menegaskan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang digelar pada Sabtu (14/9/2024) ilegal.

Untuk diketahui, Munaslun tersebut dilaksanan untuk melengserkan Arsjad dari kursi Ketua Umum Kadin Indonesia. Diketahui, Arsjad menjadi ketua umum Kadin Indonesia 2021-2026 berdasarkan Munas Kadin Indonesia yang digelar di Kendari pada 2021.

"Kami semua ini sangat menyayangkan kegiatan Munaslub ilegal yang diselenggarakan Sabtu, 14 September 2024 di Hotel St Regis Jakarta, sebagai upaya individu dan kelompok untuk mengambilalih kepengurusan Kadin Indonesia dengan menyalahi aturan yang berlaku sesuai dengan dasar hukum yang ada. Kami menegaskan bahwa kami tidak mengakui terjadinya Munaslub yang terjadi di Sabtu," kata Arsjad dalam konferensi pers di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Minggu (15/9/2024).

Selain itu, Arsjad menegaskan, Kadin Indonesia adalah organisasi dunia usaha yang independen. Sebagai rumah bersama pelaku usaha, Arsjad memastikan, hanya ada satu Kadin Indonesia yang sah dan memiliki payung hukum di bawahnya.

"Hanya ada satu, satu Kadin Indonesia, satu-satunya organisasi dunia usaha yang lahir dan diatur Undang Undang Nomor 1 Tahun 1987, ditegaskan dengan Keppres Nomor 18 Tahun 2022, serta memiliki landasan hukum yang kuat melalui AD/ART dan peraturan organisasi. Maka dari itu, kami sangat menyesalkan adanya tindakan yang melanggar Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987 dan Keppres Nomor 18 Tahun 2022," tutur Arsjad.

Baca Juga: Arsjad Rasjid Dilarang Gelar Konferensi Pers di Menara Kadin

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya