TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pekan Depan, Jokowi Buka 493 Bidang Tanah di IKN untuk Investor

Masing-masing bidang luasnya sekitar 2-3 hektare

Presiden Jokowi meresmikan Swiss Hotel Nusantara di Ibu Kota Nusantara (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi membuka peluang investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan 493 bidang tanah luas 2-3 hektare per bidang.
  • Tanah tersebut bisa digunakan untuk hotel, perkantoran, dan pusat perdagangan untuk memfasilitasi pertumbuhan investasi di IKN.
  • Jokowi menyinggung pembangunan jalan tol yang menghubungkan Balikpapan, Samarinda, dan IKN serta peletakan batu pertama Mal Nusantara Duty untuk menarik lebih banyak aktivitas di IKN.

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo membuka peluang bagi investor untuk berpartisipasi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Pekan depan, sebanyak 493 bidang tanah dengan luas 2 hingga 3 hektare per bidang akan resmi dibuka untuk berbagai keperluan investasi.

Jokowi mengatakan, tanah tersebut bisa digunakan untuk pembangunan hotel, perkantoran, hingga pusat perdagangan, lahan-lahan ini dipersiapkan untuk memfasilitasi pertumbuhan investasi di IKN.

“Minggu depan akan kami buka lagi sehingga investasi baru bisa masuk. Kalau nanti 493 bidang ini ada yang tidak sanggup, saya serahkan ke konsorsium lagi,” ujar Jokowi dalam pidatonya yang disiarkan oleh kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (13/9/2024).

Baca Juga: Dampingi Jokowi Tinjau IKN, Prabowo Catat Saksama Arahan Presiden

1. Jokowi apresiasi konsorsium yang sudah mau berinvestasi di IKN

Presiden Jokowi meresmikan Swiss Hotel Nusantara di Ibu Kota Nusantara (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi memberikan apresiasi kepada konsorsium yang sudah berani berinvestasi di IKN. Ia berharap, kerja sama ini tidak hanya menguntungkan pihak investor, namun juga berkontribusi pada perkembangan IKN secara keseluruhan.

“Semoga konsorsium mendapatkan untung, tapi IKN juga mendapatkan untung. Dua-duanya bisa berjalan bersama-sama,” kata Jokowi.

2. Jokowi sebut pembangunan Tol Balikpapan, Samarinda ke IKN selesai pada pertengahan 2025

Lokasi pembangunan Jalan Tol IKN Seksi 1B. (Dok. LPSE Kementerian PUPR)

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyinggung perkembangan infrastruktur jalan tol yang menghubungkan Balikpapan, Samarinda, dan IKN. Pembangunan jalan tol ini ditargetkan selesai pada pertengahan 2025. Jokowi berharap jalan tol ini akan meningkatkan aktivitas ke IKN.

“Kalau nanti tolnya jadi, ini akan menambah keramaian. Tersambung Samarinda-Balikpapan dan Balikpapan-IKN, sehingga keramaian itu akan semakin menghidupkan ibu kota kita,” ucap Jokowi.

Baca Juga: Di IKN, Jokowi Pimpin Sidang Kabinet Terakhir Sebelum Pensiun

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya