TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Elemen Penting dalam Email Pemasaran agar Diterima Klien

Optimalkan semua elemen

Ilustrasi bekerja digital marketing (pexels.com/Minervastudio)

Mengelola kampanye email marketing memang tak mudah. Namun, dengan memahami elemen-elemen kunci yang tepat, kamu bisa membuat email yang lebih berdampak dan menarik bagi penerima. Simak lima elemen penting di bawah ini, yang bisa membuat email pemasaran kamu semakin efektif dan mengundang banyak pelanggan baru.

Dengan mengoptimalkan setiap elemen ini, kampanye email kamu bisa memberikan return-on-investment (ROI) atau juga dikenal rasio keuntungan dan kerugian dari suatu investasi dibandingkan dengan jumlah uang yang diinvestasikan. Penasaran apa saja elemen kuncinya? Yuk, kita bahas satu per satu!

1. Baris subjek yang membuat penasaran

Ilustrasi bekerja digital marketing (pexels.com/Alena Darmel)

Baris subjek adalah hal pertama yang dilihat penerima saat menerima email kamu. Oleh karena itu, subject line harus menarik perhatian dan menggugah rasa penasaran. Melansir Zippia, 47% orang membuka email karena baris subjeknya.

Penting untuk membuat baris subjek yang spesifik dan relevan dengan audiens kamu. Menggunakan salam pribadi juga bisa meningkatkan keterlibatan penerima. Dengan baris subjek yang tepat, email kamu bisa langsung menarik perhatian dan mengajak penerima untuk membuka dan membaca isi email.

2. Desain dan tata letak yang menarik

Ilustrasi tampilan yang menarik (pexels.com/Tranmautritam)

Desain email yang menarik sangat penting untuk menjaga perhatian pembaca. Melansir Search Engine Land, responden lebih menyukai desain email responsif, adaptif, atau hybrid. Jadi, pastikan tata letak email kamu bersih, tidak berantakan, dan konsisten dengan merek kamu.

Gunakan warna dan font yang sesuai dengan branding kamu. Pastikan juga bahwa tata letak email responsif dan bisa dilihat dengan baik di perangkat mobile. Tata letak yang baik akan membuat email kamu lebih mudah dibaca dan lebih menarik.

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Marketing Startup yang Andal

3. Gunakan gambar dan grafik yang efektif

Ilustrasi menggunakan gambar menarik (pexels.com/Tranmautritam)

Melansir Vero , kampanye dengan gambar memiliki rasio klik tayang email 42% lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan gambar dan grafik berkualitas tinggi yang mendukung konten email kamu.

Optimalkan ukuran file gambar agar tidak memperlambat kecepatan muat email. Pastikan juga gambar-gambar tersebut responsif dan bisa dilihat dengan baik di perangkat mobile. Menambahkan teks alternatif pada gambar juga bisa membantu penerima yang memiliki gangguan penglihatan untuk memahami konten gambar kamu.

4. Gunakan Call to action (CTA) yang jelas

Ilustrasi bertindak (pexels.com/Alena Darmel)

CTA yang jelas dan menarik adalah elemen penting dalam email pemasaran. CTA ini harus memberitahu audiens apa yang kamu ingin mereka lakukan selanjutnya, seperti mengunjungi situs web, membuat pembelian, atau mendaftar ke newsletter.

Gunakan bahasa yang jelas dan ringkas pada CTA kamu. Fokus pada manfaat bagi penerima dan buat desain CTA yang menarik perhatian. Dengan CTA yang tepat, kamu bisa meningkatkan konversi dari email kamu.

Verified Writer

Muhammad Alfi

Life is a choice

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya