TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Peruri Sebut Kualitas Rupiah Setara Uang Eropa dan Amerika

Menggunakan teknologi dan SDM berkualitas

Direktur Currency & Security Solution Perum Peruri Saiful Bahri (IDN Times/Jujuk Erna)

Intinya Sih...

  • Perum Peruri menyatakan kualitas mata uang rupiah setara dengan mata uang dunia, terutama Eropa dan Amerika.
  • Rupiah tahun emisi 2022 dinobatkan sebagai uang kertas terbaik di dunia dalam ajang Currency Award ke-17 pada 2023 di Meksiko.

Jakarta, IDN Times - Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) menyatakan, kualitas mata uang rupiah setara dengan mata uang dunia, terutama Eropa dan Amerika.

Hal ini tak terlepas dari peran Perum Peruri, yang ditunjuk Bank Indonesia (BI) untuk memproduksi mata uang Garuda, dengan desain dan tingkat keamanan tinggi. Bahkan sebagai BUMN pembuat rupiah, Peruri memiliki tempat untuk memproduksi uang sendiri.

"Kita patut berbangga, kita mempunyai tempat untuk melakukan produksi uang sendiri. Berbeda dengan beberapa negara yang percetakannya tergantung pada negara lain atau bahkan pihak swasta," kata Direktur Currency & Security Solution Perum Peruri Saiful Bahri di pabrik pencetakan uang Peruri, Karawang, Jawa Barat, Rabu (11/9/2024).

1. Kualitas rupiah setara uang Eropa dan Amerika

ilustrasi uang rupiah (pixabay)

Kualitas rupiah yang dihasilkan Peruri tidak terlepas dari kualitas percetakan, termasuk teknologi canggih dan sumber daya manusia (SDM) mumpuni yang digunakan.

Saiful mengklaim, percetakan yang dimiliki Peruri setara dengan percetakan di Eropa maupun Amerika. Bahkan percetakan uang milik Peruri menjadi percetakan kelima terbesar di dunia.

"Teknologi yang dipakai sama, kemudian kapabilitas orang-orangnya juga sama. Jadi uang yang kita cetak setara dengan yang ada di dunia, khususnya di Eropa dan Amerika," ujar Saiful.

Peruri saat ini memiliki dua pabrik pencetakan uang kertas dan logam di Desa Parung Mulya, Ciampel, Karawang, Jawa Barat. Di dalam kawasan industri Peruri, ada sejumlah pabrik pendukung, salah satunya PT Sicpa Peruri Securink yang memasok tinta untuk Peruri.

Baca Juga: Proses Bikin Uang Kertas di Peruri Butuh Waktu Nyaris Sebulan

2. Uang rupiah tahun emisi 2022 jadi uang kertas terbaik di dunia

Ilustrasi uang rupiah (pexels.com/@robert-lens)

Dengan kualitas desain dan kemanan tingkat tinggi, rupiah tahun emisi 2022 dinobatkan sebagai uang kertas terbaik di dunia dalam ajang Currency Award ke-17 pada 2023 di Meksiko. BI meluncurkan uang rupiah tahun emisi 2022 bertepatan dengan peringatan uang tahun ke-77 kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2022.

Dikutip dari laman resmi Peruri, rupiah tahun emisi 2022 bersaing dengan mata uang dari empat finalis lainnya saat itu, yakni Cost Rica, Meksiko, Filipina, dan Bahamas.

Rupiah berhasil menang karena memenuhi kriteria yang mencakup inovasi dan keunikan fitur keamanan, integrasi unsur sejarah dengan konten lokal yang berkaitan dengan negara penerbit, efektivitas dari integrasi fitur keamanan dan estetika tampilan, serta desain uang kertas.

"Uang rupiah (tahun) emisi 2022 jadi best banknote tahun lalu, semua hasil cetakan Peruri. Kita bangga bisa sejajarkan hasil percetakan kita dengan dunia. Ini progres yang bagus sekali," tutur Asisten Gubernur, Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya