TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bulog Lanjutkan Salurkan Bansos Beras 10 Kg demi Kendalikan Inflasi

Diberikan kepada 22 juta KPM

Beras Bulog (dok. IDN Times)

Jakarta, IDN Times - Perum Bulog melanjutkan penyaluan bantuan pangan beras 10 kilogram (kg). Bantuan sosial (bansos) tersebut akan diberikan kepada 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia mulai awal bulan ini.

"Mulai 1 Agustus 2024, Perum Bulog kembali melaksanakan penugasan pemerintah menyalurkan bantuan pangan beras untuk 22 juta keluarga penerima manfaat atau penerima bantuan beras," kata Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi dalam keterangannya, dikutip dari ANTARA, Sabtu (3/8/2024).

1. Bansos beras demi bantu masyarakat miskin dan kendalikan inflasi

Direktur Utama Bulog, Bayu Krisnamurthi (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Bayu mengatakan, data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat beras sebagai komponen pangan yang paling mempengaruhi garis kemiskinan. Data BPS menunjukkan jumlah penduduk miskin pada Maret 2024 sebanyak 25,22 juta orang, turun 0,68 juta orang dibanding Maret 2023, dan menurun 1,14 juta orang disbanding September 2022.

Menurtnya, kenaikan harga beras sangat mempengaruhi kelompok masyarakat rentan. Selain itu, secara tidak langsung dapat menyebabkan meningkatnya inflasi.

Menyadari hal tersebut, kata Bayu, Perum Bulog kembali melaksanakan penugasan pemerintah menyalurkan bantuan pangan beras. Dia menuturkan, bansos tersebut akan meringankan beban ekonomi masyarakat yang masuk daftar rentan di seluruh Indonesia.

"Bantuan pangan tidak hanya penting bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat berpendapatan rendah, tetapi juga akan berkontribusi pada pengendalian inflasi di tengah musim paceklik saat ini," tutur Bayu.

Baca Juga: Daftar Bansos yang Cair Agustus 2024, Ada Beras 10 Kg

2. Bansos beras sudah disalurkan ke sembilan provinsi

Ilustrasi beras Bulog. (dok. Humas Perum BULOG tahun 2023)

Bantuan pangan sudah dimulai di provinsi-provinsi yang daerahnya telah melewati proses verifikasi dan validasi data penerima. Ada sembilan provinsi, di mana data penerima telah terverifikasi, yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Barat, DIY, Maluku, DKI Jakarta, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Tengah dan Riau.

Sementara provinsi lainnya akan segera menyusul mendapatkan bansos dalam satu hingga dua hari ke depan.

Bayu menegaskan, sesuai visi transformasi Perum Bulog, pihaknya berkomitmen untuk terus berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Bulog-Bapanas Diminta Jaga Kelancaran Distribusi Beras ke Rakyat

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya