TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Berapa Gaji CEO Nike yang Baru, Elliot Hill?

Dia efektif menjadi CEO pada 14 Oktober 2024

Presiden dan CEO baru NIKE, Elliot Hill (nike.com)

Intinya Sih...

  • Elliot Hill ditunjuk sebagai Presiden dan CEO baru Nike, efektif mulai 14 Oktober 2024.
  • Kompensasi Hill mencapai 27 juta dolar AS atau setara Rp408,27 miliar, termasuk gaji pokok, bonus, opsi saham, dan hibah ekuitas.

Jakarta, IDN Times - Elliot Hill ditunjuk sebagai Presiden sekaligus CEO baru Nike. Eks anak magang di Nike ini akan menggantikan John Donahoe pada pertengahan bulan depan.

Posisinya akan efektif mulai 14 Oktober 2024 mendatang atau sehari setelah Donahoe pensiun sebagai Presiden dan CEO Nike pada 13 Oktober 2024. 

Selain menjabat posisi itu, Hill juga akan menjadi direktur, anggota dewan direksi, serta anggota komite Eksekutif Nike. Dengan sejumlah jabatan tersebut, berapa gaji CEO Nike yang baru tersebut?

1. Berapa gaji CEO Nike Elliot Hill?

pixabay/geralt

Dikutip dari Business Insider, kompensasi atau gaji pokok yang didapat Hill sebesar 1,5 juta dolar AS atau Rp22,68 miliar per tahun. Selain itu, dia akan membawa pulang bonus tahunan dua kali lipat dari gaji pokoknya, tergantung kinerja perusahaan.

Menurut pengajuan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC), kesepakatan Hill mencakup paket insentif jangka Panjang dalam bentuk opsi saham senilai 15,5 juta dolar AS. Nike juga menawarkan Hill tambahan 4 juta dolar AS dalam bentuk tunai yang diberikan saat dia mulau bekerja di Nike.

Pengajuan tersebut menambahkan bahwa Hill juga akan menerima hibah ekuitas sebesar 3 juta dolar AS, yang akan dibayarkan selama tiga tahun.

Baca Juga: NIKE Tunjuk Eks Anak Magang Jadi Presiden dan CEO Baru

2. Total kompensasi lebih rendah dari pendahulunya

Pixabay.com/Maklay62

Adapun total paket kompensasi Hill mencapai 27 juta dolar AS atau setara Rp408,27 miliar. Ternyata jumlah ini lebih rendah dari yang didapat pendahulunya John Donahoe sebesar 29,1 juta dolar AS pada 2023.

Menurut laporan SEC pada Juli, kompensasi Donahoe terdiri dari gaji pokok sebesar 1,5 juta dolar AS, opsi saham senilai lebih dari 19,2 juta dolar AS, insentif tahunan lebih dari 1,9 juta doolar AS, dan tunjangan pensiun lebih dari 6,4 juta dolar AS.

Kendati demikian, Hill mengantongi penghasilan lebih banyak daripada CEO lain di industri perlengkapan olahraga. Itu termasuk CEO Lululemon, Calvin McDonald, yang memperoleh lebih dari 16 juta dolar AS tahun lalu, dan CEO Under Armour Kevin Plank, yang mendapat lebih dari 4 juta dolar AS pada periode yang sama.

3. Hill mewarisi sejumlah tantangan

Jenama NIKE yang dikembangkan oleh Elliott Hill (nike.com)

Hill mendapatkan kompensasi yang lebih rendah dibanding dengan pendahulunya. Sementara dia akan mewarisi sejumlah tantangan.

Tantangan tersebut, termasuk rencana Nike pada akhir tahun ini yang akan mulai memangkas biaya sebesar 2 miliar dolar AS selama tiga tahun ke depan. Salah satu upaya efisiensi biaya, dengan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sebanyak 1.500 orang.

Selain itu, target untuk meningkatkan penjualan di tengah meningkatnya persaingan. Dinukil dari The Guardian, Hill yang telah bekerja selama 32 tahun di Nike akan bertanggung jawab membantu meningkatkan angka penjualan.

Nike pada tahun lalu membukukan penjualan lebih dari 50 miliar dolar AS. Namun pertumbuhan melambat setelah itu, dan penjualan tahunan diperkirakan turun menjadi 48,87 miliar dolar AS pada tahun depan.

Baca Juga: Dikenal Sederhana, Berapa Gaji Paus Fransiskus?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya