TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ikut Penas KTNA XVI, Kabupaten Mimika Bawa Produk-Produk Unggulan

Sekitar 200 orang dari Mimika diboyong ke Sumbar

Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob, bersama kontingen Mimika hadir di Penas KTNA XVI 2023 di Kota Padang, Sumatera Barat. (IDN Times/Istimewa)

Timika, IDN Times - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Mimika, Johannes Rettob, turut menghadiri event Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XVI 2023 di Kota Padang, Sumatra Barat, yang telah berlangsung sejak Sabtu, 10 Juni lalu. 

Sosok yang akrab disapa John itu mengatakan Kabupaten Mimika adalah satu-satunya peserta yang mewakili Provinsi Papua Tengah dalam Penas KTNA 2023.

“Kami datang ke Penas di Sumatra Barat, secara khusus di Padang ini, mewakili Provinsi Papua Tengah, karena dari delapan kabupaten yang ada di Provinsi Papua Tengah, hanya kami yang ikut," tuturnya.

John mengatakan, kontingen Kabupaten Mimika hadir dengan membawa tim yang cukup lengkap. "Kurang lebih 200-an orang yang datang untuk mengikuti ajang ini, mulai dari para peninjau, pendamping, dan para peserta yang terdiri dari nelayan, petani, peternak, dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah)," jelas John.

Baca Juga: Punya Aturan Kawasan Tanpa Rokok, Mimika Raih Paramesti dari Kemenkes

1. Mimika hadir dengan produk-produk unggulan

Kontingen Mimika menawarkan produk unggulannya di Penas KTNA XVI 2023 di Kota Padang, Sumatera Barat. (IDN Times/Istimewa)

John menyampaikan kontingen Kabupaten Mimika hadir di Penas KTNA dengan membawa produk-produk unggulannya.

"Seperti contoh, olahan mangrove, kopi, hasil perikanan; kepiting, ikan, udang, dan ternak yang kemudian kita kemas dalam bentuk makanan, dan akan kami jual di sini," kata dia. 

John berharap melalui pelaksanaan Penas KTNA ini, produk-produk unggulan dari Kabupaten Mimika bisa laku dan dikenal secara luas di Indonesia.

"Sehingga masyarakat nasional tahu bahwa Kabupaten Mimika ada, dan memiliki produk unggulan yang khas," ujarnya.

Baca Juga: Lepas Peserta KTNA, Pj Sekda Mimika: Pulang Bawa Pengalaman Baik

2. Target yang ingin dicapai dalam Penas KTNA 2023

Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob, saat mengikuti pembukaan Penas KTNA XVI 2023 di Kota Padang, Sumatera Barat. (IDN Times/Istimewa)

John menyebut target dalam mengikuti kegiatan ini adalah mendapatkan pengetahuan dan wawasan untuk mencapai keberhasilan proses memodernisasi industri pertanian, peternakan, serta perikanan di Kabupaten Mimika.

"Diharapkan para peserta yakni para petani, peternak, nelayan, dan UMKM dapat menambah wawasan untuk memodernisasi segala sesuatu terkait profesi, agar ke depan bisa menjadi petani, nelayan, peternak serta UMKM yang sukses," ujarnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya