TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ide Bisnis Kecil-kecilan yang Patut Dicoba, Ajak Teman Ikutan!

Karena berbisnis itu bisa dimulai dari yang kecil dulu

ilustrasi kerja (pexels.com/Amina Filkins)

Hampir semua orang mungkin punya cita-cita ingin membangun usaha sendiri dan menjadi pemilik dan atasan. Yang mana dalam hal ini gak semua orang berani melakukannya karena berpikir kalau memulai bisnis itu harus langsung besar dan butuh modal banyak.

Walaupun tidak memungkiri bahwa memulai bisnis pasti perlu modal, tapi untuk memulainya justru bisa dengan bisnis Kecil-kecilan dulu lho. Di mana mungkin modal yang dibutuhkan lebih kepada skill, modal dasar berupa uang, serta partner yang tepat. Beberapa contoh ide bisnis kecil yang patut bisa disimak dalam pembahasan di bawah ini, yang mana akan lebih seru jika mengajak teman untuk ikut jadi partnermu. 

1. Jual marchendise dan buka jasa jastip

ilustrasi belanja (pexels.com/Lara Jameson)

Ide bisnis pertama yang layak untuk dicoba ialah menjual marchendise tertentu. Karena setiap event, hal-hal yang disukai banyak orang seperti k-pop atau bahkan olahraga tertentu biasanya memiliki marchendise.

Banyak orang ingin mengoleksinya tapi terhalang jarak dan tidak tahu dimana membelinya, sehingga di situlah dirimu mengambil peluang. Kamu bisa menyediakan stok atau membuka jasa titip alias jastip bagi mereka yang ingin dibelikan langsung. 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Buket Selain Bunga, Dijamin Makin Untung! 

2. Teman kencan yang bisa disewa

ilustrasi pasangan (pexels.com/Katerina Holmes)

Ide bisnis kecil-kecilan lainnya ialah tentang teman kencan yang bisa disewa. Ide ini patut dijadikan bisnis jika kamu punya banyak waktu luang dan ingin memanfaatkannya dengan baik.

Karena tidak semua orang punya pasangan, ataupun memiliki seseorang yang bisa diajak kencan. Sehingga mungkin jasa teman kencan ini akan berguna untuk menghilangkan rasa kesepian mereka yang ingin berkencan. 

3. Bisnis bucket bunga

ilustrasi kerja (pexels.com/Amina Filkins)

Ide bisnis yang ketiga ini patut dicoba baik itu sendirian ataupun bersama teman, tapi kalau ada partnernya mungkin lebih asyik. Yang mana kamu membuka bisnis bucket bunga, yang biasa dibutuhkan untuk menghadiahkan orang di momen spesialnya.

Kamu dan teman bisa cari tahu model atau tipe bucket bunga yang disukai orang, lalu coba kembangkan sedikit demi sedikit. Walaupun mungkin tidak ada pesanan setiap hari, tapi paling tidak bisnis seperti ini bisa untuk menambah penghasilan atau uang jajanmu. 

4. Buka usaha makanan dekat lokasi sekolah atau perkantoran

ilustrasi bisnis (pexels.com/Clem Onojeghuo)

Ide yang keempat ini bisa dibilang merupakan ide yang cukup basi, tapi tetap layak untuk dicoba bersama teman ataupun sendirian. Yaitu mencoba membuka bisnis berjualan makanan di dekat sekolah atau lokasi perkantoran.

Gak perlu makanan berat, bisa berupa makanan ringan dan disukai banyak orang. Lokasi yang strategis membuat makanan yang kamu jual pasti dilirik pembeli, dan untuk menjalankannya hanya perlu konsistensi dari segi rasa makanan dan pelayanan yang baik supaya orang-orang jadi langganan. 

Baca Juga: 21 Ide Bisnis Antimainstream dengan Peluang Menjanjikan, yuk Dicoba! 

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya