TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Servis Ringan Motor Matic Apa Saja? Ini Daftar Perawatannya

Cermati setiap bagiannya, ya

ilustrasi servis ringan motor matic (regalholdings.lk)

Jakarta, IDN Times – Pemeliharaan rutin atau servis motor matic secara berkala penting dilakukan untuk menjaga performanya. Selain itu, pemeliharaan rutin juga dapat memperpanjang usia pakai motor kesayanganmu. Jadi, jangan sampai dilewatkan, ya!

Sebelum itu, kamu juga perlu memahami lebih dulu jenis servis motor. Umumnya, jenis servis motor dibagi menjadi dua, yaitu servis ringan dan servis berat. Nah, pemeliharaan rutin biasanya masuk ke dalam servis ringan. Lantas, servis ringan motor matic apa saja? Berikut jawabannya!

1. Ganti oli motor

ilustrasi menuang oli ke mesin motor (whichcar.com.au)

Ganti oli adalah salah satu servis motor yang tergolong ringan dan penting dilakukan secara rutin. Pasalnya, kualitas oli akan menurun setelah pemakaian dalam beberapa waktu. Oleh sebab itu, oli perlu diganti setiap beberapa bulan sekali.

Pemilihan jenis oli yang digunakan juga gak boleh sembarangan, ya. Kamu perlu memperhatikan kecocokan antara karaketristik oli dengan spesifikasi mesin motor. Di samping itu, kamu juga perlu memilih oli berkualitas agar performa mesin motor terjaga.

2. Setel kencang baut

ilustrasi mengencangkan baut motor (pmmonline.co.uk)

Jenis servis ringan lainnya adalah setel kencang baut. Setelah penggunaan motor dalam beberapa waktu, tak jarang baut-baut yang terpasang pada motor jadi longgar. Meski tampak sepele, hal ini dapat menimbulkan risiko yang cukup serius, lho.

Jika tidak segera dikencangkan kembali, baut-baut yang longgar tersebut dapat terlepas. Akibatnya, stabilitas berkendara bisa terganggu sehingga dapat membahayakan keselamatan penggunanya. Jadi, jangan anggap enteng ketika ada baut pada komponen motormu yang longgar, ya.

3. Cek kampas rem

ilustrasi memperbaiki kampas rem (motorcyclistonline.com)

Servis ringan pada motor matic lainnya yang penting dilakukan, yaitu mengecek kampas rem. Pastikan kampas rem motor masih dalam ketebalan dan elastisitas kampas rem masih sesuai dengan standar.

Pastikan juga tidak ada kebocoran rem, ya. Bagian ini juga penting diperhatikan karena dapat berpotensi membahayakan keselamatan terutama saat rem blong.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Motor Matic 150 cc Terbaik, Ada Yamaha LEXi!

4. Cek sistem pengapian mesin

ilustrasi busi motor matic (motodeal.com.ph)

Pemeriksaan sistem pengapian pada mesin motor matic juga sangat penting untuk dilakukan. Sebab, sistem pengapian yang buruk dapat menyebabkan mesin sulit dinyalakan. Selain itu, mesin jadi kurang bertenaga dan tingkat konsumsi bahan bakar pun bakal meningkat.

Namun, apabila sistem pengapianmu sudah terlanjur bermasalah, sebaiknya segera bawa motor ke bengkel terdekat untuk diservis. Pastikan memeriksa bagian busi dan kabelnya karena jika kedua komponen ini bermasalah akan menyebabkan mesin motor tidak mau menyala.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya