TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fungsi Kunci L atau Allen dan Cara Menggunakannya

Bentuk kepalanya berbeda-beda

ilustrasi kunci L (dekotools.com)

Jakarta, IDN Times – Di antara sekian banyak peralatan otomotif, kunci L jadi salah satu alat esensial yang sering digunakan untuk memperbaiki kendaraan. Hal itu gak lepas dari peran kunci L yang cukup krusial dan fleksibilitas penggunaannya.

Kunci L yang beredar di pasaran memiliki banyak bentuk kepala dan ukuran yang cocok untuk berbagai jenis baut atau mur. Ragam jenis bentuk kunci L tersebut dirancang untuk berbagai kebutuhan.

Nah, artikel berikut membahas beberapa fungsi kunci L dan cara menggunakannya. Simak sampai selesai, ya.

Fungsi kunci L

ilustrasi kunci L (familyhandyman.com)

Fungsi kunci L disesuaikan dengan bentuk dan ukurannya. Secara umum, kunci L sering digunakan untuk beberapa hal. Berikut penjelasan terkait beberapa fungsi kunci L.

1. Mengencangkan dan melonggarkan baut

Fungsi kunci L yang paling umum adalah mengencangkan maupun melonggarkan baut. Sama halnya dengan ukuran baut yang beragam, ukuran kepala kunci L pun bervariasi. Gak heran jika penggunaan kunci L cukup fleksibel untuk berbagai kebutuhan.

2. Merakit dan melepas struktur bangunan

Dalam dunia konstruksi, kunci L juga berperan untuk merakit dan melepas struktur bangunan, lho. Misalnya, memasang rangka baja hingga memasang fitting pipa.

3. Merakit dan membongkar produk

Kunci L juga dapat digunakan untuk merakit dan membongkar produk manufaktur. Contohnya merakit mesin, peralatan elektronik, maupun berbagai perabot dan furnitur.

4. Merakit peralatan perkemahan

Sebagai alat yang multifungsi, kunci L juga sering digunakan untuk merakit peralatan berkemah. Kamu dapat menggunakan kunci L sebagai pengganti pasak tenda.

5. Melepas dan memasang berbagai komponen kendaraan

Kunci L merupakan salah satu alat yang wajib dimiliki bagi pemilik kendaraan. Hal itu karena fungsi kunci L yang mendasar untuk melepas maupun memasang komponen kendaraan. Contohnya mengencangkan footstep atau membuka kaliper rem cakram.

Baca Juga: Servis Ringan Motor Matic Apa Saja? Ini Daftar Perawatannya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya