TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Berapa Bulan Sekali Harus Servis CVT untuk Motor Matic?

Bisa tergantung beberapa hal

ilustrasi servis CVT motor (instagram.com/delimamotor2)

Jakarta, IDN Times – Sama halnya dengan motor bebek, motor matik pun perlu diservis secara berkala. Nah, salah satu komponen skutik yang perlu diservis secara rutin adalah CVT motor. Pasalnya, bagian ini berpengaruh pada kinerja motor, terutama pada akselerasinya.

Oleh karena itu, penting mengatur jadwal rutin untuk menyervis komponen CVT motor matik di bengkel. Lantas, berapa bulan sekali harus servis CVT, ya? Berikut penjelasan lebih lanjut tentang waktu yang tepat untuk reparasi CVT motor kesayanganmu.

Berapa bulan sekali harus servis CVT?

ilustrasi tampilan CVT motor matik (dok. Suzuki)

Frekuensi servis CVT motor matik bisa bervariasi, tergantung pada merek, model motor, serta penggunaannya. Secara umum, disarankan untuk melakukan servis CVT setiap menempuh jarak 5.000-10.000 km atau sekitar 3-4 bulan sekali, tergantung mana yang tercapai lebih dulu.

Umumnya, servis CVT ini mencakup pemeriksaan dan penggantian komponen seperti drive belt (sabuk CVT), roller weights, puli, serta penggantian oli CVT jika diperlukan. Namun, selalu pastikan untuk merujuk pada buku manual motor atau berkonsultasi dengan bengkel resmi untuk rekomendasi servis lebih spesifik yang sesuai dengan model motormu.

Baca Juga: Apa Itu Kompresi Motor? Ini Arti dan Cara Meningkatkannya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya