TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu Inreyen Motor? Berikut Pengertian dan Manfaatnya

Sering dilakukan pada motor baru

ilustrasi mengendarai motor (unsplash.com/Bayu Rivaldy)

Jakarta, IDN Times – Inreyen motor merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan performa mesin. Metode ini umum dilakukan pada motor baru.

Meski cukup sering dibahas, tetapi masih banyak juga pengendara motor yang belum paham inreyen motor. Oleh karena itu, jika kamu termasuk salah satu orang yang juga bertanya-tanya tentang apa itu inreyen motor, bisa simak ulasan lengkapnya berikut.

Apa itu inreyen motor?

ilustrasi mengendarai motor (unsplash.com/Timur Garifov)

Inreyen motor adalah proses yang dilakukan untuk melunakkan dan menyesuaikan komponen-komponen mesin pada motor baru. Biasanya proses ini dilakukan untuk memastikan bahwa mesin dapat bekerja secara optimal dengan performa terbaik.

Inreyen motor baru penting dilakukan agar komponen motor yang secara perlahan-lahan terbiasa bekerja. Pasalnya, setiap komponen pada mesin motor baru yang belum pernah dipakai. Umumnya, komponen motor baru dipasang dalam kondisi yang kaku dan keras.

Oleh karena itu, penting untuk dilakukan penyesuaian terlebih dahulu agar mesin dapat beradaptasi. Di samping itu, inreyen motor juga diyakini dapat membantu mengurangi gesekan antar komponen. Hal ini akan membuat mesin memiliki usia pakai yang panjang dan awet.

Baca Juga: Apa Itu ABS? Ini Pengertian serta Cara Kerjanya

Manfaat inreyen motor

ilustrasi mengendarai motor (unsplash.com/Harley-Davidson)

Setelah memahami apa itu inreyen motor, kamu juga perlu mengenal ragam manfaat yang didapatkan dari proses ini. Adapun manfaat dari inreyen motor baru di antaranya:

1. Mengurangi risiko kerusakan pada mesin motor

Meski tampak sederhana, tetapi inreyen motor berperan krusial dalam mencegah ragam masalah yang umum terjadi pada motor. Mulai dari mencegah overheat, kebocoran oli, hingga kerusakan komponen atau mesin aus akibat gesekan dengan intensitas tinggi.

2. Memperpanjang usia pakai mesin motor

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, inreyen motor bisa membantu memperpanjang usia pakai mesin. Pasalnya, komponen mesin motor yang diinreyen punya cukup waktu untuk saling menyesuaikan sehingga potensi gesekan berlebih bisa diminimalisir.

3. Meningkatkan performa mesin motor

Akselerasi motor yang telah diinreyen dengan benar terasa berbeda jika dibandingkan dengan motor yang tidak di-inreyen. Kamu akan dapat merasakan adanya peningkatan akselerasi dan tenaga motor saat digunakan berkendara. Motor juga akan terasa lebih responsif.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya