TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Aki Motor Berapa Ampere? Ini Daftar Kapasitas Aki Motor

Pengendara motor wajib tahu!

ilustrasi mengecas aki motor (motorcyclecruiser.com)

Jakarta, IDN Times – Saat merawat motor, ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar performanya tetap optimal. Salah satu komponen penting yang sering diabaikan adalah aki. Meskipun kecil, peran aki sangat besar dalam menjaga motor agar dapat bekerja dengan baik.

Perlu diingat juga bahwa kapasitas aki harus disesuaikan dengan kebutuhan motor yang digunakan. Lantas, kamu mungkin bertanya-tanya, aki motor berapa ampere yang ideal untuk kendaraanmu? Mari kita bahas lebih lanjut hal tersebut dalam artikel berikut!

Aki motor berapa Ampere?

ilustrasi mengecek kondisi aki motor (motorcyclehabit.com)

Ukuran ampere aki motor bervariasi, tergantung jenis dan kapasitas motor. Umumnya, aki motor menggunakan tegangan standar 12 volt dengan kapasitas ampere (Ah) yang beragam. Informasi lebih lanjut bisa kamu simak dalam daftar di bawah ini.

1. Aki 3-5Ah

Aki dengan kapasitas ini sering digunakan pada motor bebek atau skuter matik kecil. Umumnya, motor-motor tersebut dibekali mesin berkapasitas 100-125 cc. Sebab, aki ini dirancang untuk kebutuhan daya yang tidak terlalu besar. Contohnya, untuk lampu dan starter saja.

2. Aki 6-8Ah

Aki dengan kapasitas ini umumnya digunakan pada motor sport dan motor matik dengan kapasitas mesin 150 cc. Dengan daya yang lebih besar, aki ini dapat menopang kebutuhan listrik yang lebih tinggi. Contohnya, untuk menyalakan lampu LED dan mengisi ulang daya ponsel, seperti pada  Yamaha NMAX maupun Honda PCX.

3. Aki 9-12Ah

Motor sport dan touring dengan mesin berkapasitas 250-500 cc biasanya memerlukan aki berkapasitas 9-12 Ah. Aki ini dirancang untuk kebutuhan daya tinggi, seperti lampu, starter, dan perangkat tambahan, misalnya GPS. Dengan kapasitas yang cukup besar, aki ini bisa diandalkan untuk mendukung performa motor selama perjalanan jarak jauh.

Baca Juga: Biaya Ganti Aki Motor Berapa? Berikut Kisarannya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya