TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Yamaha MX King 150 2024: Spesifikasi, Harga, dan Fitur

Generasi ketiga Jupiter MX

ilustrasi poster Yamaha MX King 150 2024 (dok. Yamaha Motor)

Yamaha Jupiter MX merupakan salah satu motor bebek yang populer pada masanya. Kendaraan roda dua ini pertama kali diperkenalkan pada 2005 dan mengisi segmen motor bebek dengan tema sporty.

Pada 2015, Yamaha meluncurkan generasi ketiga dari Jupiter MX yang dikenal sebagai Yamaha MX King 150. Perbedaannya keduanya terletak pada kapasitas mesin yang ditingkatkan menjadi 150 cc.

Penasaranseperti apa spesifikasi, harga, dan fitur Yamaha MX King 150 2024? IDN Times telah merangkum uraiannya pada artikel berikut ini. Simak sampai selesai, ya.

1. Spesifikasi lengkap

Yamaha MX King 150 (dok. Yamaha Motor Indonesia)

Yamaha memberikan slogan "The King of Street" untuk Jupiter MX King. Spesifikasi motor ini bisa dikatakan tidak mengalami banyak perubahan sejak pertama kali dirilis pada 2015 lalu, bahkan mesinnya pun sama.

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap Yamaha MX King 150:

  • Tipe mesin: Berpendingin cairan, 4 langkah, SOHC, 4 Klep 
  • Jumlah/posisi silinder : Silinder tunggal atau tegak 
  • Diameter x langkah: 57,0 x 58,7 mm 
  • Perbandingan kompresi: 10,4 : 1 
  • Kapasitas mesin: 149,79 cc 
  • Daya maksimum: 11,3 kW pada 8500 rpm 
  • Torsi maksimum: 13,8 Nm pada 7000 rpm
  • Tipe rangka: Backbone 
  • Suspensi depan: Teleskopik 
  • Suspensi belakang: Monoshock 
  • Ban depan: 90/80-17M/C (46P) 
  • Ban belakang: 120/70-17M/C (58P)
  • Dimensi: 1985 mm X 670 mm X 1100 mm 
  • Jarak sumbu roda: 1290 mm

2. Mesin

ilustrasi mesin Yamaha MX King 150 (dok. Yamaha Motor Indonesia)

Yamaha MX King 150 merupakan salah satu motor bebek sport yang menjadi favorit di kalangan pencinta otomotif. Dengan kapasitas mesin sebesar 149,79 cc, Yamaha MX King 150 masuk dalam kategori motor bebek berperforma tinggi.

Yamaha MX King 150 2024 menggunakan tipe mesin 4 langkah, SOHC atau Single Overhead Camshaft, dengan 4 klep, serta berpendingin cairan. Sistem pendingin cairan ini memastikan mesin tetap dalam dalam suhu optimal meski digunakan berkendara berat.

Motor ini mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 11,3 kW pada 8500 rpm dan torsi maksimum sebesar 13,8 Nm pada 7000 rpm. Di luar itu, Yamaha MX King 150 memiliki perbandingan kompresi yang dapat dikatakan cukup tinggi, sebesar 10,4:1.

Untuk ukuran diameter x langkah mesin adalah 57,0 x 58,7 mm. Selain itu, motor ini memiliki konfigurasi silinder tunggal dengan posisi tegak. Konfigurasi ini dikenal mampu memberikan keseimbangan antara performa dan efisiensi bahan bakar.

Yamaha juga telah mengadopsi sistem bahan bakar fuel injection pada motor ini. Sekadar informasi, sistem bahan bakar fuel injection dikenal lebih efisien dan ramah lingkungan dibandingkan sistem karburator, lho.

Tidak seperti kebanyakan motor zaman sekarang, Yamaha MX King 150 masih dilengkapi dengan dua sistem starter, yaitu elektrik starter dan kick starter. Kedua sistem ini memberikan kemudahan bagi pengendara dalam menyalakan mesin, baik dalam kondisi normal maupun darurat.

3. Dimensi

ilustrasi rangka motor Yamaha MX King 150 2024 (dok. Yamaha Motor Indonesia)

Yamaha MX King 150 hadir dengan dimensi yang dirancang untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi pengendara. Motor ini memiliki ukuran panjang 1985 mm, lebar 670 mm, dan tinggi 1100 mm.

Nah, untuk jarak sumbu roda Yamaha MX King 150 adalah 1290 mm. Jarak sumbu roda yang dapat dikatakan proporsional ini memberikan stabilitas dan keseimbangan yang baik saat dikendarai, terutama pada kecepatan tinggi dan saat berbelok tajam.

Motor ini menggunakan tipe rangka backbone yang dikenal kuat dan kokoh. Sementara, untuk tinggi tempat duduk motor ini adalah 795 mm. Ketinggian ini cukup ideal bagi pengendara dengan postur tubuh rata-rata. Sementara, Yamaha MX King 150 memiliki jarak terendah ke tanah sebesar 155 mm.

Di luar itu, Yamaha MX King 150 mempunyai kapasitas tangki bensin yang cukup besar, yakni 4,2 liter. Kapasitas ini cukup untuk menunjang perjalanan harian tanpa perlu sering-sering mengisi bahan bakar.

Dapat disimpulkan, Yamaha MX King 150 memiliki dimensi  motor yang cukup compact dan mudah untuk dikendalikan. Baik dalam kondisi jalan perkotaan yang padat maupun di jalanan terbuka.

Baca Juga: New Pajero Sport Facelift 2024: Spesifikasi, Harga, dan Fitur

4. Fitur dan desain tampilan

ilustrasi fitur speedometer digital pada motor Yamaha MX King 150 (dok. Yamaha Motor)

Yamaha MX King 150 tidak hanya menawarkan performa yang tangguh, tetapi juga desain menawan dan inovatif. Misalnya, motor ini telah dilengkapi dengan Hazard Lamp. Fitur ini sangat penting untuk memberikan tanda dalam situasi darurat serta meningkatkan keamanan pengendara di jalan.

Tak hanya itu, pada lampu depan Yamaha MX King 150 juga didesain sporty menggunakan tiga LED (dua untuk low beam dan satu untuk high beam). Desain lampu ini tidak hanya meningkatkan visibilitas, tetapi juga menambah estetika motor, memberikan tampilan yang lebih modern dan futuristik.

Pada sisi kemudi, terdapat teknologi terbaru yang diterapkan pada Yamaha MX King 150, yakni speedometer full digital. Layar LCD ini memberikan informasi yang lengkap dan mudah dibaca bagi pengendara.

Nah, Yamaha MX King 150 tersedia dalam tiga pilihan warna menarik, yakni Cyan, Red, dan Blue. Ketiga warna ini dirancang untuk menonjolkan karakter sporty dan dinamis dari motor. Selain itu, desain grafis terbaru pada Yamaha MX King 150 menampilkan pola yang simetris dan semakin sporty, lho.

5. Kaki-kaki

ilustrasi kaki-kaki motor Yamaha MX King 150 (dok. Yamaha Motor Indonesia)

Yamaha MX King 150 dilengkapi dengan suspensi depan tipe teleskopik. Suspensi ini dikenal mampu memberikan kenyamanan dan kestabilan saat berkendara. Sementara, pada bagian belakang, Yamaha MX King 150 menggunakan suspensi monoshock.

Ban depan Yamaha MX King 150 berukuran 90/80-17M/C (46P). Ukuran ban ini dirancang untuk memberikan grip yang baik dan stabilitas saat berkendara. Sementara, ban belakang memiliki ukuran yang lebih besar, yaitu 120/70-17M/C (58P). 

Motor ini juga telah dibekali dengan rem cakram tidak hanya di bagian depan, tetapi rem belakang Yamaha MX King 150 juga menggunakan rem cakram. Kombinasi rem cakram depan dan belakang ini memberikan kekuatan pengereman yang maksimal, lho.

6. Kelistrikan

ilustrasi lampu depan Yamaha MX King 150 2024 (dok. Yamaha Motor Indonesia)

Dalam bagian kelistrikan, Yamaha MX King 150 menggunakan busi dengan tipe NGK/CR8E. Busi NGK/CR8E dirancang untuk memberikan pembakaran yang optimal, sehingga mesin dapat bekerja dengan lebih efisien.

Di luar itu, sistem pengapian Yamaha MX King 150 sudah menggunakan teknologi TCI atau Transistor Controlled Ignition. Sistem TCI ini mengontrol waktu pengapian secara elektronik dengan menggunakan transistor sehingga dapat memberikan pengapian yang lebih presisi dan efisien.

Yamaha MX King 150 juga telah dilengkapi dengan baterai tipe GTZ4V / YTZ4V. Tipe baterai ini merupakan baterai berjenis AGM (Absorbent Glass Mat) yang memiliki beberapa keunggulan, seperti kapasitas besar, tahan lama, dan minim perawatan.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya