TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bagaimana Prinsip Kerja Motor Listrik? Begini Caranya

Cara kerjanya beda dengan motor bensin, ya

ilustrasi berkendara dengan motor listrik Niu Gova 03 (dok. Niu)

Saat ini, motor listrik telah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, motor listrik dinilai lebih ramah lingkungan dan efisien bahan bakar. Di luar itu, komponen dan prinsip kerja yang digunakan motor listrik juga berbeda daripada motor konvensional sehingga membuatnya menarik.

Lantas, bagaimana prinsip kerja motor listrik? Untuk mengetahui uraian selengkapnya, langsung simak artikel IDN Times berikut ini, ya.

1. Baterai sebagai daya utama motor listrik

ilustrasi mengisi daya motor listrik (unsplash.com/Ather Energy)

Prinsip kerja motor listrik sangat bergantung pada baterai sebagai sumber tenaga utamanya. Saat motor listrik dihidupkan, baterai langsung mengaliri daya listrik ke bagian motor melalui kontroler elektronik.

Komponen kontroler elektronik ini berfungsi untuk mengatur besaran daya dari baterai ke motor listrik. Oleh karena itu, dapat dipastikan peran kontroler elektronik tak kalah penting dari baterai. Pasalnya, motor listrik dapat mengalami malfungsi saat kelebihan beban daya listrik dari baterai.

Baca Juga: 5 Motor Listrik Mirip NMAX, Mana yang Jadi Incaranmu?

2. Motor listrik mengubah daya listrik menjadi gerakan mekanis

ilustrasi berkendara dengan Honda Motocompacto di GIIAS 2024 (IDN Times/Muhammad Raffash)

Motor listrik dapat menjalankan perannya untuk mengubah energi listrik menjadi gerakan mekanis. Sebab, dalam motor listrik terdapat lilitan kawat yang akan bereaksi ketika dialiri oleh daya listrik. Reaksi ini timbul saat lilitan kawat bersinggungan dengan medan magnet lain.

Nah, medan magnet itu dapat berupa stator atau magnet permanen lainnya. Dengan begitu, rotor dalam motor listrik akan berputar. Gerakan putaran ini akan diteruskan ke roda belakang melalui sistem transmisi. Hal itu akan membuat motor listrik dapat berjalan karena adanya daya listrik dari baterai.

3. Banyak motor listrik yang memanfaatkan prinsip regeneratif

ilustrasi berkendara dengan motor listrik (instagram.com/ririnyulian_)

Sistem regeneratif berfungsi untuk mendaur ulang tenaga yang dikeluarkan oleh baterai. Artinya, saat kamu melakukan pengereman atau mengurangi daya, maka tenaga yang ada akan disimpan kembali ke dalam baterai. Dengan begitu, motor listrik dapat meningkatkan efisiensi energi karena dapat mengonversi gerakan mekanis menjadi energi listrik kembali. 

Nah, itulah dia penjelasan detail mengenai prinsip kerja motor listrik yang dapat IDN Times sajikan untuk kamu. Jika penasaran dengan informasi seputar otomotif lainnya, kamu dapat mengecek update-an dari IDN Times, ya.

Penulis: Muhammad Raffash Putra Wibiksana

Baca Juga: 7 Rekomendasi Motor Listrik Fast Charging untuk Mobilitas Harian

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya