TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pelat A dari Mana? Berikut Cakupan Wilayahnya

Basisnya ada di Banten

ilustrasi motor pelat A (instagram.com/banten_auto)

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, pelat A dari mana? Pelat nomor ini memang hanya digunakan di wilayah tertentu di Indonesia sehingga mungkin tidak semua orang mengetahuinya.

Sebagai informasi, kode pelat A digunakan pada kendaraan yang telah terdaftar secara resmi di beberapa kota dan kabupaten di provinsi Banten. Lantas, kabupaten dan kota mana saja yang menggunakan kode pelat ini? Untuk mengetahui jawabannya, simak uraian selengkapnya pada artikel IDN Times berikut ini, ya.

1. Pelat A dari mana?

ilustrasi mobil dengan kode pelat A (instagram.com/autoprestigepwt)

Perbedaan huruf awal pada pelat nomor dimaksudkan untuk memudahkan identifikasi asal daerah kendaraan terdaftar. Di Indonesia, terdapat beberapa wilayah yang menggunakan huruf A sebagai awalan pelat nomor kendaraan.

Pelat nomor dengan kode A ini mencakup berbagai daerah di provinsi Banten, termasuk kota dan kabupaten penting seperti Tangerang, Cilegon, Lebak, Serang, dan Pandeglang. Wilayah-wilayah ini menggunakan kode A untuk menandai kendaraan yang terdaftar di sana. Berikut adalah daftar lengkap daerah-daerah tersebut.

  • Pelat A untuk Kota Cilegon
    Kota Cilegon adalah salah satu daerah yang menggunakan pelat A. Adapun kode huruf yang digunakan di belakang angka adalah O atau U. Contoh pelat nomor dari Kota Cilegon adalah A 9999 OU atau A 9876 UU.

  • Pelat A untuk Kota Serang
    Berbeda dengan Kota Cilegon, di Serang pelat nomor kendaraan diawali dengan huruf A yang diikuti dengan kombinasi angka dan diakhiri kode huruf A, B, C, atau D. Contoh pelat nomor di Kota Serang adalah A 9000 AB atau A 9999 CD. 

  • Pelat A untuk Kabupaten Serang
    Tidak hanya kota Serang, kabupaten Serang juga menggunakan pelat nomor berawalan A. Namun, hal yang membedakan adalah kode huruf di belakang angka. 

    Di Kabupaten Serang, kode huruf di belakang angka bisa berupa E, F, G, H, atau I. Jadi, kamu bisa menemukan pelat nomor seperti A 9876 EF atau A 9999 HI yang menandakan bahwa kendaraan tersebut terdaftar di Kabupaten Serang.

  • Pelat A untuk Kabupaten Pandeglang
    Kabupaten Pandeglang yang dikenal dengan wisata alamnya yang indah juga menggunakan pelat A, lho. Untuk kode huruf di belakang angka, wilayah ini menggunakan huruf J, K, L, M, atau N. Kamu bisa menemukan pelat nomor seperti A 9876 JK atau A 9999 MN. 

  • Pelat A untuk Kabupaten Lebak
    Bergerak sedikit ke selatan, kamu akan menemukan Kabupaten Lebak yang juga menggunakan pelat A. Di Kabupaten ini, pelat nomor juga diawali dengan huruf A, tetapi kode huruf di belakang angka berbeda, yaitu P, R, S, atau T. Contohnya adalah A 9876 PR atau A 9999 ST. 

  • Pelat A untuk Kabupaten Tangerang
    Terakhir, adalah Kabupaten Tangerang yang berbeda dari wilayah Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan yang masih menggunakan pelat B. Awalnya, hanya ada tujuh kecamatan yang menggunakan pelat A. Namun, sejak 2016, sebanyak 19 kecamatan telah beralih menggunakan pelat A.

    Nah, kode pelat A yang digunakan di Kabupaten Tangerang diakhiri dengan huruf V, W, X, Y, atau Z. Contoh pelat nomor yang umum di Kabupaten Tangerang adalah A 9876 VW atau A 9999 YZ. 

Semua daerah yang telah disebutkan di atas masuk dalam provinsi Banten, ya. Jadi, jika kamu melihat kendaraan dengan plat nomor berawalan huruf A, itu berarti kendaraan tersebut terdaftar di salah satu wilayah yang ada di Banten.

Dengan memahami sistem penomoran ini, kamu bisa dengan mudah mengidentifikasi asal kendaraan hanya dari melihat pelat nomornya. Kini, pertanyaan pelat A dari mana sudah terjawab, bukan?

Baca Juga: Pelat P Daerah Mana? Berikut Wilayah yang Menggunakannya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya