TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenapa Mesin Motor Cepat Panas? Kenali Gejalanya

Alasan kenapa mesin motor cepat panas

pixabay.com/Tama66

Jakarta, IDN Times - Salah satu masalah yang kerap dialami para biker adalah panas mesin yang berlebih. Akibatnya performa motor jadi drop dan konsumsin bensin menjadi lebih boros. 

Panas berlebih pada mesin jika tidak segera ditangani bisa mengakibatkan overheat. Karena itu jangan mengabaikan masalah ini. Nah, berikut penjelasan kenapa mesin motor cepat panas

Baca Juga: 5 Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

1. Salah pilih bahan bakar

Bahanbakarmotorhondabali.com

Tidak semua bahan bakar bisa digunakan untuk pada setiap jenis motor. Pasalnya pemilihan dan pemakaian bahan bakar yang tidak tepat menjadi faktor penyebab motor cepat panas. Namun kamu tidak perlu cemas. Kamu hanya perlu mengganti oktan yang sesuai spesifikasi motor yang digunakan saja. 

Penggunaan bahan bakar beroktan tinggi akan membuat pembakaran terjadi dengan sempurna. Selain itu dengan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi akan menghasilkan tenaga motor yang tinggi juga.   

Baca Juga: 5 Fakta Bahan Bakar Bensin, Diprediksi Habis pada Abad Ini!

2. Telat ganti oli

ilustrasi mencampur minyak rem (iselinc.com)

Penyebab lainnya mesin motor cepat panas adalah terlambatnya ganti oli motor. Sebab bila kamu tidak rutin mengganti oli motor akan membuat transmisi cepat panas dan karena oli pada motor juga berfungsi meminimalisirkan gesekan pada komponen lainnya. 

Gesekan yang tinggi akan mengakibatkan mesin motor cepat panas dan merusak komponen motor lainnya. Dengan demikian, kamu perlu rutin mengganti oli mesin agar kinerja mesin selalu apik dan terhindar dari overheat. 

Baca Juga: 4 Dampak Negatif Jika Telat Ganti Oli Motor Kamu

3. Mesin menyala dalam waktu lama

Facebook

Bila kamu sering menyalakan motor dalam waktu yang lama, hal ini akan mengakibatkan mesin motor cepat panas dan biasanya terjadi pada saat kamu mengendarai dalam waktu yang cukup lama.

Cara untuk mengurangi overheat pada mesin motor ini adalah dengan tidak menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, atau bisa mendiamkannya beberapa saat dulu sebelum digunakan kembali.

Baca Juga: Penyebab Motor Jadi Boros Bensin yang Jarang Disadari

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya