TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Berapa Biaya Servis CVT Vespa Matic? Segini Kisarannya

Wajib dilakukan demi mencegah getaran berlebih

ilustrasi Vespa matic (dok. Piaggio)

CVT atau Continuously Variable Transmission adalah jantung dari motor Vespa matic. Komponen ini bertanggung jawab atas perpindahan gigi secara otomatis. Nah, karena sering digunakan, CVT membutuhkan perawatan berkala untuk menjaga performanya tetap optimal.

Tentunya, servis CVT Vespa matik memiliki biaya bervariasi, tergantung dengan kerusakan yang terjadi. Namun, biaya yang dikeluarkan sebanding dengan kenyamanan berkendara yang akan didapatkan.

Lantas, berapa biaya servis CVT Vespa matic? Tak perlu berlama-lama lagi, simak uraian selengkapnya pada artikel IDN Times berikut ini.

1. Biaya servis CVT Vespa matic

ilustrasi servis CVT Vespa matic (instagram.com/fasagarage)

Untuk melakukan servis CVT Vespa matic, biaya yang dikenakan di bengkel spesialis berkisar antara Rp55—Rp70 ribu. Harga ini berlaku untuk seluruh tipe Vespa matik. Biaya ini relatif terjangkau, mengingat pentingnya perawatan CVT untuk menjaga kelancaran transmisi dan mencegah kerusakan yang lebih serius pada masa mendatang.

Servis CVT pada Vespa matik memiliki beberapa tahapan pengerjaan yang serupa dengan motor matik pada umumnya. Pertama, semua komponen CVT, termasuk roller, v-belt, pulley depan dan belakang, rumah roller, serta kampas ganda dibongkar.

Setelah dibongkar, teknisi akan memeriksa setiap komponen untuk mendeteksi adanya keausan atau kerusakan. Pemeriksaan ini penting untuk memastikan bahwa tidak ada komponen yang sudah aus atau perlu diganti agar transmisi tetap bekerja dengan baik.

Setelah pemeriksaan, semua komponen yang dibongkar, seperti roller, v-belt, dan pulley, akan dicuci bersih. Pembersihan ini bertujuan untuk menghilangkan debu, kotoran, dan sisa-sisa pelumas yang dapat mengganggu kinerja transmisi.

Kemudian, komponen CVT tertentu, seperti driven pulley (pulley belakang), akan dilumasi ulang dengan grease atau gemuk. Pelumasan ini penting untuk mengurangi gesekan antar komponen dan mencegah keausan yang berlebihan.

Jadi, dengan biaya yang relatif terjangkau dan prosedur komprehensif, servis CVT Vespa matic adalah salah satu perawatan penting. Jangan diabaikan, ya.

Baca Juga: Apa Itu CVT Motor? Berikut Pengertian dan Komponennya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya