TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Atasi Mesin Motor yang Keluarkan Suara Aneh

Jangan dibiarkan karena bakal makin parah!

potret motor dan pemiliknya (pexels.com/cottonbro studio)

Intinya Sih...

  • Suara aneh dari mesin motor bisa disebabkan oleh oli kurang atau kotor, sehingga perlu rutin diperiksa dan diganti sesuai rekomendasi pabrik.
  • Kondisi rantai yang tidak optimal juga dapat menghasilkan suara aneh, perlu rutin diperiksa dan diganti jika terlalu aus.
  • Kerusakan atau kebocoran pada sistem knalpot serta masalah pada sistem pengereman juga bisa menjadi penyebab suara aneh di mesin motor.

Saat kamu sedang mengendarai motor, penting untuk memperhatikan setiap suara yang tidak biasa yang mungkin terdengar dari mesin. Meskipun terkadang suara tersebut mungkin hanya muncul sesaat dan kemudian menghilang, tetapi tidak boleh diabaikan karena bisa menjadi pertanda adanya masalah yang lebih serius di dalam mesin.

Tanpa banyak basa-basi lagi, penulis akan memberikanmu beberapa metode dan strategi yang berguna untuk mengidentifikasi dan mengatasi berbagai macam masalah yang mungkin terjadi dalam mesin motor kamu. Ayo! Pastikan kinerja mesin motor optimal agar memperpanjang umur pakai motor.

1. Periksa tingkat oli mesin

ilustrasi mengganti oli motor matic (offroadpioneers.com)

Suara aneh yang terdengar dari mesin motor dapat berasal dari berbagai faktor, salah satunya adalah kurangnya oli atau kualitas oli yang sudah menurun akibat penggunaan dalam jangka waktu yang lama. Penting untuk kamu secara berkala memeriksa tingkat dan kualitas oli mesin serta menggantinya sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh pabrik motor.

Oli yang kotor atau kurang bisa menyebabkan gesekan yang tidak normal di dalam mesin, mengakibatkan peningkatan keausan dan potensi kerusakan komponen. Jika dibiarkan, lama kelamaan akan menghasilkan suara-suara yang tidak biasa atau berisik saat mesin beroperasi.

2. Periksa kondisi rantai

ilustrasi rantai motor (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Suara aneh yang muncul dari mesin motor juga bisa disebabkan oleh kondisi rantai yang tidak optimal, seperti terlalu kendor atau aus. Penting bagi kamu untuk secara rutin memeriksa kondisi rantai, mengukur ketegangan sesuai dengan rekomendasi yang disediakan dalam manual pengguna motor, dan mengencangkan rantai jika diperlukan.

Jika ternyata rantai sudah terlalu aus, lebih baik segera gantilah dengan yang baru untuk mencegah terjadinya masalah lebih lanjut dan menjaga kinerja motor dalam kondisi optimal. Dengan demikian, motor beroperasi dengan lancar dan aman tanpa adanya suara-suara aneh yang mengganggu.

3. Perhatikan sistem knalpot

potret knalpot racing (bskspeedworks.co.uk)

Baca Juga: 5 Tips Memilih Knalpot yang Sesuai dengan Karakter Motor

Suara aneh yang kamu dengar juga bisa berasal dari kerusakan atau kebocoran pada sistem knalpot. Selain memeriksa adanya retakan atau lubang pada knalpot, pastikan juga untuk mengecek semua klem dan sambungan, memastikan bahwa semuanya terpasang dengan baik dan tidak mengalami kebocoran.

Kebocoran pada knalpot dapat mengakibatkan keluarnya suara yang tidak wajar saat mesin motor menyala, yang dapat menjadi pertanda adanya masalah yang perlu segera diatasi. Dengan memperhatikan kondisi knalpot secara teratur, dijamin mesin motor berfungsi dengan baik dan menghasilkan suara yang normal saat digunakan.

4. Periksa sistem pengereman

ilustrasi kampas rem (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Suara aneh yang terdengar juga mungkin disebabkan oleh masalah pada sistem pengereman, seperti kampas rem yang aus atau cakram yang sudah mengalami tergores secara signifikan. Penting untuk Kamu memeriksa setiap komponen dalam sistem pengereman secara menyeluruh, termasuk kampas rem dan cakram, untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik dan tidak mengalami keausan berlebihan.

Jika kamu menemukan tanda-tanda kampas rem yang aus atau cakram yang terlalu tergores, segera lakukan penggantian komponen tersebut untuk menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara. Dengan melakukan perawatan yang teratur, maka sistem pengereman motor akan beroperasi dengan optimal.

Verified Writer

Pratama

Contact Us: axepratama00@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya