TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tips Merawat Aki Kering, Biar Gak Gampang Soak

Selalu rutin mengecek tegangan aki

Aki motor Honda EM1 e: (wahanahonda.com)

Aki berperan penting dalam sistem pengapian sepeda motor. Sebab aki bertanggung jawab menyuplai arus listrik ke beberapa komponen vital, seperti lampu, ECU, klakson, busi, hingga speedometer.

Karena itu aki harus dirawat, termasuk aki kering. Meski aki kering tidak memerlukan perawatan khusus, namun aki jenis ini tetap harus diperhatikan biar performanya selalu prima. Nah, berikut cara gampang merawat aki kering motormu. 

1. Rutin cek tegangan aki

Aki motor (louis.eu)

Cara termudah merawat aki kering motormu adalah dengan rutin memeriksa voltase atau tegangannya. Untuk itu kamu bisa menggunakan alat bernama voltmeter. Kalau kamu tidak punya volmeter, kamu bisa membelinya di toko listrik. Harganya gak terlalu mahal, kok.

Voltmeter tidak hanya berguna untuk mengecek voltase aki tapi juga bisa digunakan untuk mengecek komponen listrik lainnya. Karena itu usahakan punya alat satu ini, ya. Kalau sudah punya, langsung saja cek tegangan aki motormu.

Pastikan tegangannya sekitar 12,6 - 12,8 volt saat mesin motor mati. Jika tegangan di bawah 12,4 volt, besar kemungkinan aki kehabisan daya dan tidak akan bisa menghidupkan mesin motor.

Segera lakukan pengisian ulang jika aki sudah melemah. Sebab memaksakan diri menggunakan aki yang sudah kekurangan daya justru akan merusak aki tersebut. Oya, pastikan juga tidak melakukan overcharge karena bisa merusak sel aki.

Baca Juga: Tips Membersihkan Tangki Motor, Gampang Kok!

2. Rutin memeriksa terminal aki

Aki motor (allstate.com)

Cara berikutnya merawat aki kering adalah dengan membersihkan terminal aki dari kerak dan kotoran. Sebab kerak dan kotoran berpotensi membuat terminal aki berkarat. Kalau sudah begitu, arus listrik akan terganggu dan kinerja aki akan terganggu.

Selain memerika terminal aki, kamu juga harus mengecek kondisi fisik aki. Lakukan pengecekan visual pada aki untuk melihat apakah ada keretakan atau kerusakan fisik lain. Aki yang rusak fisiknya bisa berpengaruh pada kinerjanya.

Verified Writer

Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya