TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tips Membersihkan Tangki Motor, Gampang Kok!

Tangki kotor bisa memicu korosi

Ilustrasi tangki motor (deltalube.com)

Penyebab motor tiba-tiba mogok bisa beragam, mulai dari kehabisan bensin, mesin rusak, hingga busi bermasalah. Selain itu motor juga bisa mendadak mogok karena tangki bahan bakar yang kotor.

Kotoran pada tangki tersebut berpotensi menyumbat aliran bensin ke ruang bakar. Akibatnya sistem pembakaran di dalam mesin terganggu dan motor pun mogok. Karena itu sangat penting menjaga kebersihan bagian dalam tangki motor.

Nah, berikut beberapa cara merawat sekaligus membersihkan sisi dalam tangki motor.

1. Selalu gunakan bensin berkualitas

Ilustrasi tangki motor (mypertamina.id)

Cara paling gampang menjaga kebersihan bagian dalam tangki motor adalah dengan selalu membeli bensin berkualitas. Bensin berkualitas biasanya memiliki RON 92 dan di atasnya, seperti Pertamax atau Shell Super.

Bensin berkualitas biasanya juga memiliki kandungan deterjen yang mampu membersihkan bagian dalam tangki. Karena itu sebisa mungkin membeli bensin berkualitas. Harganya memang sedikit lebih mahal dibandingkan bensin subsidi, tapi jangka panjang penggunaan bensin berkualitas akan sangat menguntungkan.

Baca Juga: Engine Brake di Mobil Matik, Emang Bisa?

2. Hindari membiarkan tangki bensin kosong

Ilustrasi pengisian BBM di SPBU (Dok. Istimewa)

Cara lain merawat kebersihan sisi dalam tangki motor adalah dengan rutin membeli bensin. Hindari menunggu tangki kosong baru membeli bensin. Sebab tangki yang kosong berpotensi menyebabkan kondensasi yang bisa memicu munculnya karat pada sisi tangki.

Kalau karat sudah muncul di dalam tangki, biasanya bensin akan terpapar serbuk karat yang bisa mengganggu sistem pembakaran. Selain itu mengusir karat dari dalam tangki motor itu gak gampang. Karena itu menghindari lebih baik dibandingkan membersihkan.

3. Rutin mengganti filter bensin

Mesin motor 2 silinder (goodhuntsm.shop)

Selain dua hal di atas, kamu juga bisa mengganti filter bensin secara rutin. Ini penting dilakukan agar kondisi filter selalu bersih. Sebab filter yang sudah kotor tidak akan lagi bisa  menyaring kotoran yang ada di bensin.

Nah, kalau kotoran sampai lolos ke ruang bakar bersama bensin, performa mesin pasti bakal berkurang. Bahkan banyak kasus motor mendadak mogok karena bensin tercampur kotoran yang gagal disaring filter bensin.

4. Kuras tangki secara berkala

Ilustrasi tangki motor (astraotoshop.com)

Sangat disarankan menguras tangki motor setidaknya sekali dalam setahun atau sesuai anjuran pabrik. Ini dengan catatan kamu menggunakan bensin berkualitas. Kalau kamu menggunakan bensin yang gak berkualitas, disarankan lebih sering menguras tangki motor.

Selain itu motor yang jarang digunakan juga disarankan untuk sering dikuras tangkinya. Sebab kotoran pada bensin bisa mengendap di tangki kalau motor tidak digunakan dalam waktu yang lama.

Verified Writer

Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya