TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tips Membeli Vespa Tua Buat Pemula

Biar gak terlalu banyak biaya perbaikannya

Vespa klasik (Viator.com)

Banyak alasan kenapa Vespa klasik selalu digemari. Desain yang sangat ikonik, komunitas yang solid, kenyaamanan berkendara, hingga nilai investasi menjadi beberapa alasan di antaranya. Karena itu gak salah kalau kamu berniat membeli Vespa klasik.

Hanya saja banyak hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli Vespa klasik. Maklum saja, sebab Vespa jenis ini sudah berumur. Berbagai masalah bisa muncul di Vespa klasik, seperti karat, performa mesin drop, dan banyak lagi. 

Nah, berikut beberapa tips membeli Vespa klasik buat pemula biar gak salah pilih.

1. Periksa kondisi bodi secara menyeluruh

Vespa klasik (retrospectivescooters.com)

Hal pertama yang harus banget kamu perhatikan saat membeli Vespa klasik adalah bodinya. Cek keseluruhan bodi, mulai dari setang hingga buritan. Sebab Vespa klasik yang sudah berumur puluhan tahun sangat rentan terhadap karat.

Karena itu jangan lupa memeriksa bagian rangka utama, terutama di bawah jok dan di dekat kaki-kaki. Sebaiknya hindari Vespa klasik yang memiliki karat parah di rangka karena ini sangat berisiko dan biaya perbaikannya lumayan mahal.

Baca Juga: 5 Alasan Vespa Klasik Masih Digemari, Bisa Jadi Investasi

2. Cek mesin dan kelistrikan

Vespa klasik (.vespamag.com)

Mesin Vespa tua umumnya masih menggunakan teknologi sederhana. Namun, itu bukan berarti mesin mereka tidak perlu diperiksa dengan seksama. Pastikan mesin bisa menyala dengan baik. Mesin yang baik biasanya tidak mengeluarkan suara aneh saat dihidupkan dan tidak mengeluarkan asap berlebihan dari knalpot. 

Untuk itu kamu bisa mencoba test ride dan rasakan tarikannya. Jika tarikannya responsif, berarti mesin tersebut masih cukup sehat. Cek juga perpindahan giginya apakah masih smooth atau sudah kasar.

Selain itu jangan lupa mengecek sistem kelistrikan, seperti lampu depan, belakang, sein, dan klakson. Sebab Vespa klasik sering kali mengalami masalah pada kabel-kabel yang sudah aus atau sistem kelistrikan yang tidak berfungsi dengan baik.

3. Pastikan keaslian suku cadang

Ilustrasi Vespa World Days 2024 (Piaggio Indonesia)

Karena usianya yang sudah pulihan tahun, tentu banyak komponen Vespa klasik yang telah diganti oleh pemiliknya. Jarang sekali ada Vespa klasik yang masih menggunakan komponen bawaan pabrik. Kalau ada, harganya pasti selangit. Karena itu jangan terlalu berharap bisa mendapatkan Vespa klasik dengan komponen yang sepenuhnya original. 

Tapi, saat membeli Vespa tua, sebisa mungkin mencari Vespa klasik yang masih banyak komponen originalnya, seperti karburator, knalpot, hingga logo atau emblem Vespanya. Kalaupun Vespa tersebut menggunakan komponen aftermarket pastikan mereknya cukup dikenal sehingga kualitasnya tidak kaleng-kaleng.

4. Perhatikan legalitasnya

Ilustrasi STNK (cimbniaga.co.id)

Setelah mengecek kondisi fisik bodi dan mesin, langkah berikutnya adalah memastikan kelengkapan surat-suratnya. Surat-surat yang dimaksud adalah BPKB dan STNK. Pastikan nomor mesin dan nomor sasis yang tertera pada STNK dan BPBK sesuai dengan yang tertera pada mesin dan sasis di motor. Selain itu kalau bisa cari juga Vespa klasik yang pajaknya masih hidup sehingga kamu tidak perlu lagi membayar pajak setidaknya sampai setahun ke depan.

Verified Writer

Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya