TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tips Aman Mengisi Bensin, Awas Motor Terbakar!

Salah satunya selalu matikan mesin motor

Ilustrasi tangki motor (mypertamina.id)

Intinya Sih...

  • Pastikan mesin motor dimatikan sebelum mengisi bensin untuk menghindari risiko terbakar akibat percikan api.
  • Turun dari motor saat mengisi bensin untuk mencegah tumpahan bensin dan memudahkan melarikan diri dari situasi darurat.
  • Jangan mengisi tangki hingga penuh agar bahan bakar dapat mengembang, serta pastikan menutup tangki rapat untuk mencegah kebocoran bensin.

Banyak kejadian tak terduga terjadi saat mengisi bensin di SPBU, seperti motor yang tiba-tiba terbakar. Insiden mengerikan ini bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Karena itu sangat penting memperhatikan faktor keselamatan saat mengisi bensin.

Nah, berikut beberapa tips aman mengisi bensin di SPBU yang bisa membuatmu terhindar dari insiden mengerikan.

1. Selalu matikan mesin motor

Ilustrasi setang motor (freepik/borisenkoket)

Sebelum mengisi bensin, pastikan mesin motormu dalam keadaan mati. Langkah ini sangat penting kamu lakukan untuk menghindari risiko motor tiba-tiba terbakar. Sebab, mesin yang sedang hidup berpotensi memercikan api. Bayangkan jika percikan api tersebut menyambar bensin yang sedang mengalir ke tangki motormu! Karena itu selalu matikan mesin setiap kali mengisi bensin, ya!

Baca Juga: Mencampur Bensin dengan Minyak Goreng Bisa Dongkrak Performa Motor?

2. Turun dari motor

Ilustrasi pengisian BBM di SPBU (Dok. Istimewa)

Setelah mematikan mesin motor, langkah kedua adalah turun dari motor. Sebab, dengan turun dari motor, motor akan menjadi lebih stabil sekaligus mengurangi risiko motor terjatuh yang bisa membuat bensin tumpah.

Kamu juga akan terhidar dari tumpahan bensin jika petugas SPBU mengisi tangki terlalu penuh. Selain itu turun dari motor juga penting untuk memudahkanmu berlari menjauh dari SPBU saat terjadi situasi darurat.

3. Jangan mengisi bensin terlalu penuh

Ilustrasi tangki motor (mypertamina.id)

Mungkin banyak di antara kamu yang selalu mengisi bensin hingga tangki penuh. Kebiasaan ini berpotensi membuat bensin luber atau tumpah dari tangki. Sehingga alih-alih mengisi tangki hingga penuh, sebaiknya sisakan ruang dalam tangki agar bahan bakar dapat mengembang dan mencegah kebocoran. 

Verified Writer

Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya