TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Penyebab Motor Mendadak Gak Bisa Distarter

Bukan cuma karena aki soak

Ilustrasi motor mogok (Unsplash/John Canelis)

Motor tiba-tiba gak bisa distater. Sudah berulang kali memencet electric starter, bahkan hingga mengengkol kick starter, tapi mesin motor gak juga mau hidup. Kondisi ini sudah pasti akan sangat menjengkelkan. Apalagi kalau kejadiannya pada pagi hari ketika mau berangkat ke sekolah atau kantor.

Banyak faktor yang bisa membuat motor tak bisa dihidupkan, berikut beberapa penyebab paling umum yang paling sering dialami para biker.  

1. Aki lemah

Aki motor (louis.eu)

Komponen pertama yang harus kamu curigai saat motor gak bisa distarter adalah aki. Sebab aki yang lemah atau rusak adalah penyebab paling umum yang bisa membut motor sulit dihidupkan.

Untuk itu kamu bisa mengecek daya aki motormu dengan volmeter atau multitester. Aki yang normal biasanya mempunyai tegangan sekitar 12,3 volt sampai 12,6 volt ketika mesin dalam keadaan mati. Jika tegangan kurang dari itu, mesin tidak akan bisa dihidupkan.

Kalau ini masalahnya, solusinya adalah mengganti aki lama yang ada di motormu dengan aki baru.

Baca Juga: Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah, Cek Dulu Sebelum Beli

2. Sistem pengapian bermasalah

ilustrasi busi motor (quoracdn.net)

Jika aki motormu baik-baik saja, komponen lain yang harus kamu curigai adalah sistem pengapian. Sistem ini melibatkan banyak komponen, seperti kop busi, busi, kabel busi, koil, hingga CDI.

Kamu bisa mengurut satu per satu komponen-komponen tersebut sampai menemukan masalahnya. Kalau kamu tidak biasa membongkar motor, kamu bisa menyerahkan masalah ini ke montir langgananmu.

3. Korsleting dan fuel pump bermasalah

Aki motor (allstate.com)

Penyebab lain motor tak bisa dihidupkan adalah korsleting pada sirkuit listrik. Biasanya masalah ini dipicu oleh kabel yang terkelupas atau bisa juga karena komponen listrik yang rusak karena terpapar air. Untuk itu kamu perlu mengecek semua komponen yang terkait dengan kelistrikan untuk mencari penyebab motormu gak bisa dihidupkan.

Selain itu kamu juga harus mengecek kondisi fuel pump. Pastikan komponen ini bekerja dengan optimal. Sebab jika fuel pump bermasalah, ia tak akan bisa mengalirkan bensin dari tangki ke ruang bakar dengan optimal. Efeknya mesin motor pasti akan sulit dihidupkan.

4. Mesin motor bermasalah

Ilustrasi mengganti oli motor (gandharoil.com)

Penyebab paling fatal yang bisa membuat motor tak bisa dihidupkan adalah kerusakan pada mesin. Kerusakan ini bisa berupa kompresi yang rendah, klep yang aus, hingga masalah lainnya yang memengaruhi sistem pembakaran atau gerakan piston. Semua masalah ini bisa membuat motor tak bisa dihidupkan meski dengan engkol atau kick starter sekalipun.

Verified Writer

Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya