TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Penyakit-penyakit Umum Vespa Tua, Serius Mau Beli?

Vespa klasik perlu dirawat secara khusus

Vespa klasik (.vespamag.com)

Vespa klasik atau Vespa tua memang sangat menggoda. Desainnya yang ikonik, kenyamanan berkendara, serta suara mesinnya yang unik sungguh bikin banyak biker ingin memeliharanya.

Tapi di balik pesonanya, Vespa klasik punya beberapa masalah umum. Nah, berikut beberapa beberapa penyakit atau masalah umum yang sering muncul pada Vespa tua. Kamu harus siap jika ingin meminangnya.

1. Mesin susah hidup

Unsplash/Teng Yuhong

Salah satu masalah paling umum yang sering muncul dihadapi biker Vespa tua adalah mesin yang susah dihidupkan. Masalah ini biasanya disebabkan oleh karburator kotor, busi yang sudah aus, hingga sistem pengapian yang bermasalah. Karena itu sangat penting untuk melakukan perawatan secara rutin.

Untuk itu kamu bisa membersihkan karburator secara berkala dan mengganti busi jika sudah terlalu lama digunakan. Jangan lupa juga memeriksa kondisi koil pengapian untuk memastikan percikan api tetap kuat.

Baca Juga: 5 Alasan Vespa Klasik Selalu Bikin Kangen

2. Kampas kopling mulai aus

Ilustrasi pengendara Vespa (Unsplash/Rumman Amin)

Semua komponen motor pasti akan mengalami keausan seiring pemakaian, begitu juga dengan kampas kopling. Kopling yang aus bisa menyebabkan perpindahan gigi menjadi tidak halus atau bahkan sulit. Selain itu kampas kopling yang sudah tipis akan membuat traikan Vespa menjadi tidak responsif.

Kalau kamu mengalami masalah ini, solusi satu-satunya adalah mengganti kampas kopling dengan yang baru. Selain itu juga disarankan untuk memperhatikan cara mengoperasikan kopling dengan benar agar tidak cepat rusak.

3. Karburator Banjir

Ilustrasi karburator motor (barebonesmc.com)

Masalah lain yang kerap menjadi momok di Vespa tua adalah karburator banjir. Masalah ini biasanya karena ada masalah pada jarum pelampung di dalam karburator. Biasanya sih karena setelah jarum pelampung tidak tepat. Karburator yang banjir biasanya akan menyebabkan mesin mogok.

Solusi mengatasi karburator banjir adalah dengan membongkar karburator dan memasang jarum pelampung secara benar. Kalau jarum pelampung sudah bermasalah sebaiknya ganti saja dengan yang baru agar tidak menimbulkan masalah lagi ke depannya.

Verified Writer

Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya