TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Oli Motor Bisa Stres, Ini Penyebabnya

Oli yang stres tidak akan maksimal melindungi mesin

Ilustrasi cek oli motor tua (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seperti biker, oli motor ternyata juga bisa stres. Tapi stres di sini bukan berarti oli mengalami tekanan batin ya, melainkan kualitasnya berkurang. Oli yang stres atau yang tidak lagi berkualitas, gak akan bisa melindungi mesin secara maksimal. 

Efeknya bisa sangat fatal, mulai dari turunnya performa hingga ambolnya komponen mesin. Sebab peran oli memang sekrusial itu. Nah, berikut beberapa faktor yang bisa membuat oli motor jadi stres.

1. Motor lama dianggurin

Ilustrasi mengganti oli motor (amsoil.com)

Kalau kamu berpikir motor yang jarang digunakan pasti jarang rusak, kamu keliru. Sebab motor diciptakan untuk bergerak. Karena itu, kalau motor jarang digunakan, berarti dia menyalahi kodratnya.

Setidaknya motor yang jarang digunakan akan membuat oli di dalam mesin menjadi stres atau berkurang kualitasnya. Sebab oli mengandung zat aditif khusus untuk pelumasan, deterjensi, dan antioksidasi.

Nah, pada motor yang jarang digunakan, zat-zat aditif tersebut akan mengalami degradasi. Kekentalan oli juga akan menurun. Karena itu sangat disarankan untuk tetap rutin mengganti oli meski motor jarang digunakan.

Baca Juga: 5 Daftar Motor Trail Honda: CRF Sampai Africa Twin!

2. Terlalu sering melewati jalan macet

Ilustrasi Vespa (PT Piaggio Indonesia)

Kemacetan memang selalu jadi momok bagi biker yang tinggal di kota besar. Sebab kemacaten sering kali tak terhindari, terutama pada jam-jam sibuk berangkat atau pulang kerja. Selain bikin biker jadi stres, kemacetan juga bikin kualitas oli menurun.

Sebab, saat terjebak macet, motor tidak bisa bergerak sementara mesin tetap hidup. Akibatnya oli di dalam mesin akan semakin panas karena sirkulasi udara tidak maksimal. Kalau sudah begitu, oli akan bekerja ekstra untuk melumasi setiap komponen di dalam mesin. 

Efeknya kualitas oli akan berkurang drastis pada motor-motor yang terlalu sering terjebak macet. Mengganti oli lebih sering bisa jadi solusi buat kamu yang selalu kena macet setiap hari.

Verified Writer

Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya