TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Motor Bermasalah Setelah Menembus Hujan, Ini Penyebabnya

Motor bisa mendadak mogok saat melibas genangan

Motor di tengah hujan (marsalisilaw.com)

Musim hujan bisa jadi momok yang menakutkan buat para biker. Sebab air hujan selain berpotensi membuat jalanan menjadi licin juga bisa menyebabkan munculnya karat pada sasis motor. Selain itu air hujan juga bisa mengurangi visibilitas saat berkendara.

Nah, berikut beberapa masalah yang sering muncul di motor menerabas hujan. Beberapa masalah bahkan mungkin terjadi di luar dugaanmu.  

1. Motor bisa terpapar karat

Motor di tengah hujan (Unsplash/Mohamedh Masood)

Air hujan mengandung asam yang bisa menyebabkan korosi atau karat pada bagian motor yang terbuat dari logam, seperti setang, mesin, standar, knalpot hingga pelek. Jika karat tersebut dibiarkan, bagian-bagian motor yang terbuat dari logam tersebut akan kehilangan daya tahannya.

Selain itu karat pada motor juga akan sangat mengganggu keindahannya. Solusi mencegah karat bisa dengan menyiram motor dengan air biasa setelah kehujanan. Setelah itu lap motor sampai benar-benar kering.

Baca Juga: Gejala Oli Motor Mengalami Stres, Jangan Dibiarkan!

2. Motor gak mau hidup setelah kehujanan

Aki motor (louis.eu)

Masalah lain yang sering muncul setelah motor kehujanan adalah mogok alias mesinnya tidak mau dihidupkan. Masalah ini bisa terjadi karena air hujan menyebabkan gangguan pada sistem kelistrikan, seperti lubang busi kemasukan air. Biasanya masalah ini bisa diatasi dengan mengeringkan busi.

Kalau busi telah dikeringkan namun mesin tidak juga mau hidup, kamu bisa mengecek komponen kelistrikan lainnya, seperti koil, spul, hingga kiprok. Bisa jadi salah satu dari komponen tersebut mengalami korsleting setelah terpapar air hujan.

Verified Writer

Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya