TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mitos Seputar Aki Motor, Gak Semua Benar

Benarkah starter listrik bisa merusak aki?

Aki motor (yuasa.co.uk)

Aki berperan penting dalam sistem kelistrikan sepeda motor. Sebab tanpa aki motor tidak akan bisa distarter, cahaya lampu bakal redup, klakson tidak akan berbunyi, hingga speedometer mati.

Karena itu sangat penting memelihara kesehatan aki biar kinerja motormu maksimal. Nah, berikut beberapa  mitos seputar aki motor yang masih banyak beredar di masyarakat yang perlu kamu tahu.

1. Terlalu sering mengidupkan motor dengan starter bikin aki rusak

Lazy Motorbike

Mitos paling sering seputar aki adalah terlalu sering menghidupkan motor dengan starter bisa merusak aki. Padahal sejatinya tidak demikian. Sebab, pabrikan motor pasti telah memperhitungkan penggunaan starter electrik dengan kemampuan aki. Sehingga penggunaan elektric starter yang wajar tidak akan membuat aki soak. Namun jika daya aki sudah lemah, menggunakan starter memang bisa mempercepat aki kehabisan daya.

Baca Juga: Tips Membersihkan Tangki Motor, Gampang Kok!

2. Aki baru harus diisi ulang

Aki motor (louis.eu)

Mitos berikutnya adalah aki baru harus diisi ulang terlebih dahulu sebelum digunakan. Mitos ini kurang tepat. Sebab aki baru biasanya sudah terisi penuh sehingga bisa langsung digunakan. Hanya saja perhatikan tanggal produksi aki.

Jika tanggal produksi aki sudah lebih dari tiga hingga enam bulan bulan, kemungkinan besar aki tersebut perlu diisi ulang dayanya sebelum digunakan. Mintalah penjual aki untuk mengukur voltase aki untuk memastikan aki barumu tidak kekurangan daya.

3. Aki bisa rusak kalau motor tidak digunakan

Aki motor Honda EM1 e: (wahanahonda.com)

Motor yang lama tidak digunakan bisa merusak aki. Mitos ini benar. Sebab, meski tidak digunakan, beberapa komponen motor akan tetap menyedot arus listrik dari aki, membuat aki kehabisan daya. Bahkan motor yang tidak digunakan dalam waktu lama bisa merusak aki secara permanen. 

Karena motor yang tidak digunakan perlu dipanaskan beberapa menit untuk menjaga kesehatan aki. Tidak perlu berlama-lama memanaskan motor, cukup 3-5 menit saja. Panaskan motor setiap 2-3 hari sekali.

4. Aki kering gak perlu dirawat

Freepik

Aki kering memang tidak memerlukan perawatan seperti aki basah. Tapi itu bukan berarti aki kering bebas perawatan. Kamu tetap perlu merawat aki kering dengan membersihkan terminal aki secara rutin. Ini penting agar kotoran atau kerak pada terminal aki tidak menghambat arus listrik. Kamu juga perlu mengecek voltase aki kering untuk memastikan aki tersebut selalu dalam kondisi terbaiknya.

Verified Writer

Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya