TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Keunggulan The All-New Himalayan 450, Motor Penakluk Jalanan

Harga mulai Rp151 jutaan

Royal Enfield Himalayan di GIIAS 2024 (royalenfield.com)

Pabrikan motor bergaya klasik meluncurkan motor touring All-New Himalayan 450 di perhelatan Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) yang digelar di ICE BSD, Tangerang, 18-28 Juli 2024.  

"Kami telah mendesain The All-New Himalayan 450 untuk menjadi yang terbaik dalam hal ini. Kami telah menciptakan casis dan ergonomic yang sangat sesuai untuk adventure touring. The All-New Himalayan adalah satu sepeda motor yang Anda butuhkan untuk semua tujuan," kata Anuj Dua, Business Head of Asia Pacific markets Royal Enfield, saat peluncuran.

Apa saja keungulan All-New Himalayan 450? Yuk, kita ulas di sini!

1. Performa The All-New Himalayan 450

Royal Enfield Himalayan di GIIAS 2024 (royalenfield.com)

The All-New Himalayan 450 dibekali mesin Sherpa 452cc yang bisa memuntahkan tenaga tenaga dan torsi yang besar dengan rpm yang rendah. Di atas  kertas, motor memiliki tenaga maksimum sebesar 40 ps pada 8.000rpm dengan torsi maksimum 40 Nm pada 5.500rpm. Mesin tersebut bisa menghasilkan 90 persen torsinya mulai dari 3.000rpm ke atas, memberikan penyaluran tenaga yang terkendali tanpa harus di-gas secara berlebihan.

Karakteristik ini sangat berguna saat berkendara mendaki medan yang licin, memungkinkan sepeda motor ini untuk menghasilkan traksi di saat sepeda motor lain akan berputar. Performa yang digabungkan dengan penyaluran torsi memberikan pengalaman yang nyaman saat berkendara berdua dan dengan barang bawaan. Mesin yang baru ini memiliki desain semi-dry sump untuk memaksimalkan ground clearance dan memungkinkan tampilan yang ringkas.

Sebagai mesin liquid-cooled pertama dari Royal Enfield, Sherpa 450 menggunakan setup pompa air dan radiator twin-pass terintegrasi untuk pendinginan optimal, sangat penting saat berkendara di medan teknis di dataran tinggi, yang merupakan tujuan utama sepeda motor ini. Gearbox six-speed yang baru menghasilkan fleksibilitas rasio yang lebih tinggi dan kemampuan lebih baik saat berkendara di jalan tol. Hal ini dihasilkan oleh slip dan kopling bantuan baru yang menggunakan kabel, memberikan aksi kopling yang lebih ringan dan masa hidup kopling yang lebih lama.

Baca Juga: 4 Daftar Motor Listrik di Indonesia dengan Jarak Tempuh Terjauh

2. Didesain untuk touring

Royal Enfield Himalayan di GIIAS 2024 (royalenfield.com)

The All-New Himalayan memang motor touring sejati. Ini bisa dilihat dari ground clearance-nya yang lebih tinggi dan suspensi berkendara yang panjang, memungkinkan biker untuk melewati medan yang lebih teknis tanpa sasis membentur jalan.

Selain itu frame twin-spar baru yang berbahan besi yang kaku dan kuat juga akan meningkatkan performa dan stabilitas saat menikung. Sasis The All-New Himalayan mencakup Showa cartridge-type inverted fork baru yang dirancang untuk bekerja di berbagai kondisi, dari jalanan yang mulus hingga pinggiran sungai yang berbatu.

Suspensi ini akan membuat The All-New Himalayan tetap nyaman dan stabil meski melintasi medan berbatu yang tidak bisa ditebak. Sementara kombinasi roda depan 21 inci dan roda belakang 17 inci berbahan aluminium yang dibalut ban khusus menjadikan handling dan stabilitas yang lebih baik di kondisi on-road maupun off-road. 

Verified Writer

Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya