TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Keunggulan Pelek Jari-Jari, Lebih Nyaman dan Kuat

Pelek jari-jari jadi pelek standar motor trail dan motocross

Ban motor (dirtbikes.com)

Ada dua jenis pelek sepeda motor, yaitu pelek racing dan pelek jari-jari. Pelek racing biasanya digunakan untuk motor matic dan sport. Sementara pelek jari-jari untuk motor trail. Kedua jenis pelek ini diciptakan untuk kebutuhan yang berbeda.

Karena itu kedua jenis pelek ini tak bisa dibandingkan satu sama lain karena peruntukkannya berbeda. Sehingga gak bisa dibilang pelek racing lebih bagus dari pelek jari-jari atau sebaliknya. 

Nah, berikut beberapa keunggulan pelek jari-jari yang harus kamu tahu.

1. Lebih kuat menahan benturan

Ilustrasi ban dengan pelek jeruji (tyremanmc.com.au)

Tahu kenapa motor trail dan motocross selalu menggunakan pelek jari-jari? Karena pelek jenis ini sangat tahan terhadap benturan. Ini karena jari-jari yang ada pada pelek bisa menyerap sekaligus mendistribusikan benturan secara merata.

Sehingga beban benturan tidak hanya pada satu titik. Itu sebabnya jarang sekali ada pelek jari-jari yang retak apalagi pecah. Itu pula yang membuat pelek jenis ini digunakan di motor trail dan motocross karena kedua jenis motor ini diperuntukkan untuk melibas jalur ekstrem.

Baca Juga: Penyebab Motor Mendadak Gak Bisa Distarter

2. Lebih mudah diperbaiki

Ilustrasi ban dengan pelek jeruji (astraotoshop.com)

Keunggulan lain pelek jari-jari adalah pada daya tahannya. Selain itu pelek jenis ini juga lebih mudah diperbaiki jika terjadi kerusakan. Sebab jari-jari pada pelek ini bisa diganti jika rusak tanpa perlu mengganti keseluruhan pelek.

Bisa dibilang, selain perbaikannya lebih mudah, ongkos perbaikannya juga lebih murah. Oya, jari-jari pada pelek ini juga bisa disetel ketegangannya sehingga keseimbangan pada ban bisa ditingkatkan.

3. Lebih nyaman di jalan berlubang

Ilustrasi motor trail (dealerspike.com)

Dibandingkan pelek racing, pelek jari-jari lebih bisa meredam benturan. Sebab jari-jari pada pelek akan medistribusikan benturan secara merata. Sehingga efek benturan tidak akan terlalu mengejutkan.

Itu sebabnya pelek jari-jari terasa lebih nyaman digunakan di jalan yang jelek dibandingkan pelek racing. Alasan ini pula yang menjadikan pelek jari-jari jadi pelek standar motor-motor trail dan motocross. Sebab pelek ini mampu meredam getaran dan guncangan lebih baik dibandingkan pelek racing.

4. Bobot lebih ringan

Ilustrasi ban dengan pelek jeruji (gooddoveov.life)

Umumnya bobot pelek jari-jari tidak lebih berat dibandingkan pelek racing. Bobot yang ringan ini sangat berarti saat kamu menerabas jalur offroad. Karena itu motor pelahap tanah, seperti motor trail dan motocross, selalu menggunakan pelek jari-jari. Begitu juga dengan sepeda gunung, hampir semuanya menggunakan pelek jari-jari.

Verified Writer

Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya