TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenapa Jalan Aspal Lebih Licin Saat Hujan Baru Turun? Ini Alasannya

Tingkatkan kewaspadaan saat berkendara kala hujan

Ilustrasi biker di tengah hujan (unsplash/Philip Stieber)

Hujan mulai mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia. Di satu sisi hujan membuat suhu jadi lebih adem dan udara tidak lagi berdebu. Tapi di sisi lain air hujan juga membuat jalan aspal menjadi licin.

Karena itu kalau kamu wara-wiri naik motor, kamu harus ekstra waspada saat berkendara. Sebab jalananan yang licin berpotensi membuat motor tergelincir. Tapi tahu gak sih kalau jalanan aspal menjadi lebih licin saat hujan baru turun?

1. Hujan pertama bikin aspal jadi licin

Ilustrasi naik motor (unsplash/Harley-Davidson)

Jalanan beraspal biasanya menampung berbagai material dari kendaraan yang melintas di atasnya, seperti oli. Material ini mengendap di permukaan aspal saat musim kering atau kemarau.

Namun begitu musim hujan, material yang mengendap tersebut akan bercampur air hujan, menyebabkan minyak atau oli tersebut naik ke permukaan aspal, membuat aspal jadi  sangat licin.

Itu sebabnya jalanan beraspal cenderung lebih licin saat hujan baru turun. Namun tingkat kelicinan akan berkurang seiring dengan tergerusnya endapan material dari atas aspal oleh air hujan yang semakin deras.

Baca Juga: Oli Motor Bisa Stres, Ini Penyebabnya

2. Aspal menjadi lebih licin karena suhu

Ilustrasi biker di tengah hujan (unsplash/Oleg)

Faktor lain yang membuat jalanan aspal lebih licin saat hujan baru turun adalah suhu. Hujan yang mengguyur permukaan aspal yang masih panas akan membuat jalan cenderung menjadi lebih licin. Karena itu sangat disarankan menurunkan kecepatan saat hujan baru turun, terutama buat para biker. Sebab sepeda motor lebih mudah tergelincir dibandingkan mobil.

Verified Writer

Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya