TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jangan Menyimpan Barang-barang Ini di Bagasi Motor

Salah satunya parfum

Ilustrasi bagasi motor (yamahadeta.co.id)

Intinya Sih...

  • Simpanan basah seperti baju, jas hujan, dan helm bisa merusak karena suhu bagasi motor yang panas.
  • Sayur-sayuran atau ice cream sebaiknya tidak disimpan di bagasi karena suhu panas yang tidak ideal.
  • Alat elektronik dan parfum juga tidak aman disimpan di bagasi karena risiko kerusakan atau bahaya meledak.

Bagasi motor memang berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Tapi gak semua barang bisa disimpan di sini, lho. Ada beberapa barang yang sebaiknya tidak disimpan di bagasi karena beberapa alasan.

Nah, berikut barang-barang yang sebaiknya tidak kamu simpan di bagasi motor, baik ketika motor dibawa berkendara atau ketika sedang diparkir.

1. Jas hujan, baju, dan helm basah

Ilustrasi bagasi motor (yamahadeta.co.id)

Banyak biker yang menyimpan baju, jas hujan, jaket, serta helm basah di bagasi motor. Padahal menyimpan barang-barang tersebut dalam keadaan basah justru bisa merusaknya, terutama baju atau jaket yang berbahan dasar polyster dan gore tech. 

Selain itu menyimpan jas hujan, jaket, helm, dan kaos dalam keadaan basah terlalu lama di bagasi motor juga bisa membuat jamur bermunculan. So, kalaupun terpaksa harus disimpan di dalam bagasi, segera keluarkan barang-barang tersebut begitu kamu sampai di rumah.

Baca Juga: Gejala Oli Motor Terlalu Encer, Mesin Jadi Lemot

2. Sayur mayur dan ice cream

Ilustrasi bagasi motor (yamahadeta.co.id)

Siapa yang suka belanja di pasar kemudian menyimpannya di bagasi motor? Pasti banyak, yah. Tidak masalah sih kalau belanjaannya itu baju atau celana. Tapi kalau belanjaannya sayur-sayuran atau ice cream, sebaiknya jangan disimpan di bagasi.

Sebab suhu di dalam bagasi itu lumayan panas, sekitar 36 derajat Celcius. Suhu ini sangat tidak ideal untuk sayur mayur, apalagi jika disimpannya dalam waktu yang cukup lama. Dan bagi ice cream, suhu tersebut pasti akan langsung membuatnya meleleh.

3. Alat elektronik

Ilustrasi bagasi motor (suzuki.co.id)

Peralatan lain yang haram disimpan di bagasi adalah alat-alat elektronik seperti smartphone, powerbank, dan laptop. Sebab suhu panas di dalam bagasi bisa merusak alat-alat elektronik tersebut. Bahkan ada kasus powerbank tiba-tiba meledak membakar motor. Karena itu sebisa mungkin jangan menyimpan alat elektronik di dalam bagasi motor, meski untuk waktu yang singkat.

Verified Writer

Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya